Posted in Uncategorized

Menakar Arti Pahlawan Zaman Now

Menakar Arti Pahlawan Zaman Now Posted on November 10, 2017Leave a comment

Membincang tentang hari pahlawan, pasti pikiran kita langsung tertuju pada waktu bersejarah 10 November 1945 di Surabaya. Hari dimana para pejuang bertempur dengan gagah berani melawan tantara Inggris yang kembali masuk ke Surabaya.

Pertempuran 10 November adalah pertempuran paska proklamasi kemerdekaan Indonesia 17 Agustus 1945. Dengan dikuatkan oleh fatwa Resolusi Jihad KH Hasyim Asyari yang mewajibkan rakyat Surabaya mempertahankan kemerdekaan Indonesia, semangat juang rakyat Surabaya semakin menggelora.

Walau hanya dengan alat tempur seadanya, mereka bertempur dengan gagah berani dan pantang mundur. Perjuangan mereka bukan tanpa alasan, melainkan untuk mempertahankan kemerdekaan dengan satu tujuan, yakni Indonesia merdeka.

Tentu tidak ternilai pengorbanan yang dilakukan oleh para pejuang kemerdekaan dahulu. Sebab mereka melakukan perjuangan tanpa harus diberi aba-aba apalagi upeti sebagai lahan hidup mereka. Mereka tidak peduli dengan berbagai kemungkinan yang akan terjadi. Bagi mereka yang terpenting adalah utuhnya NKRI dan kedaulatan Negara.

Meski saat ini sudah beda zaman dan beda pola perjuangannya, namun esensinya masih sama, yakni kesejahteraan tanpa penindasan rakyat. Pemuda “zaman now” haruslah meneladi semangat mereka, semangat cinta tanah air dan semangat perjuangan yang pernah digelorakan. Apalagi kita sebagai putra dan putri bangsa yang akan menerus tonggak perjuanganan bangsa ini.

Di hari pahlawan ini, mari sejenak merefleksikan semangat juang serta introspeksi diri untuk meneladaninya. Tidak hanya sekedar membuat status ucapan selamat hari pahlawan di media sosial, namun juga menanamkan nilai-nilai semangat juang kepahlawanan pada diri kita.

Menjadi pelopor perubahan dan memberi energi positif untuk terus berubah menjadi lebih baik, serta menyebarkan nilai-nilai cinta tanah air pada lingkungan sekitar. Karena dengan melakukan demikian, juga layak disebut sebagai pahlawan.

Penulis: Syamsul Arifin.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *