Posted in Desa Desa Mandiri Ekonomi Membangun Desa

Menengok Gondowangi; Sisi Lain Desa Mandiri di Kabupaten Malang

Menengok Gondowangi; Sisi Lain Desa Mandiri di Kabupaten Malang Posted on November 8, 2017Leave a comment

 

Jawa Timur adalah salah satu provinsi di Indonesia yang kaya akan tempat wisata yang berbasiskan potensi lokal daerah. Banyak daerah yang dimanfaatkan oleh pemerintah setempat demi menciptakan dan menunjang kemandirian ekonomi. Salah satunya adalah Desa Wisata Gondowangi yang terletak di Kabupaten Malang.

Secara administratif, Desa Gondowangi termasuk dalam wilayah Kecamatan Wagir Kabupaten Malang yang terletak tepat di kaki Gunung Kawi, terkenal dengan kesenian khas Wayang Krucil. Desa ini dipimpin oleh kepala desa yang masih muda, bijaksana dan mengedepankan konsep kebutuhan masyarakat. Dalam kepemimpinannya, desa ini mendapatkan predikat daerah percontohan yang mandiri dari sisi perekonomian dan kemasyarakatan. Hal tersebut berdasarkan tata kelola desa dan partisipasi aktif masyarakat dalam membangun desa.

Dalam masa pencapaian Desa Gondowangi yang mandiri dan sejahtera, ada beberapa konsep prioritas yang menyesuaikan kebutuhan dan pola-pola yang ada di masyarakat. Konsep yang diterapkan pemerintah Desa Gondowangi untuk menunjang kesejahteraan masyarakat desa beberapa diantaranya: Pertama, adanya lumbung padi. Masyarakat tidak perlu khawatir dengan naik-turunnya harga padi yang bisa melemahkan penghasilan para petani, karena pemerintah desa menjamin harga pembelian padi kering dengan harga tinggi atau diatas harga pasar. Selain itu, dari lumbung padi masyarakat tidak perlu khawatir ketika Musim Paceklik, karena desa sudah mempunyai persediaan yang cukup. Kedua, pengaturan irigasi. Pembagian waktu irigasi dalam mengairi sawah dengan diterapkan pada Peraturan Desa (PERDES), sehingga pembagian pengairan tersistem rapi. Hal tersebut dinilai sebagai tindakan solutif untuk mendorong surplus produksi pertanian. Ketiga, pengelolaan Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) milik desa. Selain masyarakat Desa Gondowangi yang sudah merasakan manfaatnya, masyarakat luar desa turut merasakan manfaat adanya PDAM milik desa ini. Keempat, pembentukan bank sampah. Disamping desa bersih dan tampak indah, perekonomian masyarakatpun didorong agar meningkat. Konsep bank sampah inilah yang nantinya akan menghasilkan industri-industri berskala rumah tangga. Karena dari adanya bank sampah, masyarakat dapat mendaur ulang sampah organik maupun yang non organik yang diorientasikan pada kebermanfaatan bagi desa. Semua hal yang berkaitan dengan peningkatan ekonomi desa diorganisir dan dijalankan dalam bentuk Badan Usaha Milik Desa (BUM Desa). Di mana harapan dikemudian hari dapat mendorong lahirnya tata kelola yang lebih akuntabel dan transparan, serta masyarakat desa yang lebih partisipatif dalam peningkatan perekonomian desa.

Hal tersebut tidak lepas dari peran pemerintah dan masyarakat yang sadar serta bergerak secara gotong-royong. Kemudian harapannya adalah hal yang seperti ini dapat dilakukan oleh masyarakat seluruh Indonesia, sehingga dikemudian hari bangsa ini akan maju dan makmur.

 

*Penulis: Muhammad Maghfur Agung

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *