132 Anggota Pramuka Saka Wira Kartika Kodim 1621/TTS Dikukuhkan

Pelopor.Net - 30 Oktober 2022 - 13:40 WIB
132 Anggota Pramuka Saka Wira Kartika Kodim 1621/TTS Dikukuhkan
 (Pelopor.Net)
|
Editor redaksi

PELOPOR.net – TTS – Dandim 1621/TTS di Wakili Pamong Saka Wira Kartika Serma Yupiter Tefi saat menyematkan lambang Saka Wira Kartika di lengan baju kiri salah satu anggota pramuka sebagai bukti telah dikukuhkan.

Sebanyak 132 anggota Pramuka Satuan Karya (Saka) Wira Kartika dikukuhkan oleh Kodim 1621/TTS, Sabtu (29/10/2022) kemarin.

Bertempat di Makodim, prosesi pengukuhan yang ditandai dengan penyematan lambang Saka Wira Kartika di lengan baju kiri anggota pramuka tersebut berlangsung khidmat.

Namun sebelum dilakukan pengukuhan ini, terlebih dahulu calon anggota Pramuka Saka Wira Kartika ini melakukan berbagai rangkaian kegiatan yang penuh dengan tantangan dan rintangan pada minggu sebelumnya, Sabtu (22/10/2022).

Diawali upacara tradisi penerimaan anggota yang dipimpin oleh Dandim 1621/TTS Letkol Arm Roni Hermawan SH.M.M., dilanjutkan dengan latihan dasar (latsar) militer, pengetahuan krida-krida SWK, jalan kaki sejauh 10 kilometer menuju Air Terjun Oehala.

Melalui Serma Yupiter Tefi, Dandim Hermawan mengatakan, anggota Pramuka Saka Wira Kartika ini merupakan anggota-anggota pramuka terbaik dari anggota pramuka lainnya yang ada di Kota TTS.

Pasalnya untuk menjadi anggota pramuka binaan Kodim 1621/TTS ini, harus melewati proses yang tidak mudah dan tidak ringan. Dibutuhkan jiwa perjuangan dan keprajuritan yang harus terpatri dalam jiwa setiap anggota Saka Wira Kartika,” imbuhnya.

Dengan adanya pengukuhan ini, saya harap bisa menjadi tonggak awal maupun pemicu motivasi untuk melakukan kegiatan nyata di masyarakat.

Dandim berharap setelah dikukuhkan ini, para anggota Saka Wira Kartika nantinya bisa berkontribusi nyata dalam berbagai kegiatan di masyarakat, dan ilmu yang telah didapatkan selama pembekalan, bisa diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.

“Saya harap adik-adik bisa menjadi kebanggaan orang tua di rumah, kakak-kakak Pembina di Kodim, dan bisa menjadi contoh baik di masyarakat. Saya ucapkan selamat, semoga Allah meridoi kita dalam setiap langkah dalam pengabdian kepada bangsa dan Negara,” Pungkasnya.

Kapendim TTS, Arjuna David Juandi, ketika ditemui Tim Media ini, menjelaskan, bahwa Saka Wira Kartika merupakan salah satu Satuan Karya Pramuka yang bersifat nasional.

Satuan karya ini dibentuk lewat kerjasama antara Kwartir Nasional dengan TNI Angkatan Darat (AD). Saka Wira Kartika merupakan wadah kegiatan bagi Pramuka Penegak dan Pramuka Pandega untuk meningkatkan kesadaran pendidikan bela Negara, melalui pengetahuan dan keterampilan di bidang matra darat.

“Membentuk patriot bangsa yang setia, berbakti, dan menjunjung tinggi nilai luhur bangsa serta tetap menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Matra darat sendiri dapat diartikan sebagai segala aktifitas dan kegiatan yang dilakukan secara terorganisir, perorangan ataupun kelompok yang memanfaatkan kondisi alam di darat seperti hutan, gunung, rawa, dan sungai.

Lebih lanjut, Saka Wira Kartika sendiri memiliki 5 krida yaitu, krida navigasi darat, krida pioneering, krida mountainering, krida survival, serta krida penanggulangan bencana.” Pungkas Pria Kelahiran Kota Atambua ini.

 

(Ridho Seran/Pendim 1621/TTS/S)

 952 Pembaca,  3 Hari ini

Tinggalkan Komentar

IKLAN

IKLAN

IKLAN

Close Ads X