Merasa Tidak Enak Dengan Bapak Camat, Ketua BPD Desa Grati Salahkan Pewarta

  • Bagikan

Lumajang, PELOPOR.NET – Dengan adanya pemberitaan dari Jurnalis Media Pelopor yang ada di wilayah Kabupaten Lumajang tentang Proses Pemilihan Panitia PAW Desa Grati yang baru dikarenakan Panita PAW yang lama mengundurkan diri, Bagus Cahyo yang menjabat sebagai Ketua BPD Grati kebingungan seperti kebakaran jenggot saja. Karena dengan kapasitasnya sebagai Ketua BPD yang memiliki anggota dengan kewenangan untuk memilih dan memimpin jalannya proses pembentukan Calon Panita PAW dalam Musdes ( Musyawarah Desa ) tidak bisa dilakukannya dan hanya menjadi isapan jempol semata. Karena tugas dan wewenang nya diambil alih oleh Camat.

BPD Grati yang seharusnya menjadi Badan Permusyawaratan Desa di tangan Bagus malah berubah fungsi menjadi Badan Pengawas Desa. Sikap Ketua BPD Grati yang tidak tegas membuat tugas dan wewenang nya tidak berjalan dengan baik.

Pasalnya dalam musyawarah di Kecamatan Sumbersuko untuk pembentukan Panitia Pemilihan yang baru Ketua dan Wakil BPD Grati ikut menyaksikan dalam acara tersebut, menurut pengakuan Ketua BPD bahwa calon Panitia Pemilihan yang baru direkomendasikan langsung oleh Camat karena mengingat sisa waktu yang kurang sedikit akhirnya mengikuti apa kata Camat. Keterangan tersebut diperkuat oleh Agus Bintoro Wakil BPD dan membenarkan calon Panitia Pemilihan yang baru memang dari Camat atau Panwas.

Respon Bagus saat mengetahui pemberitaan dengan judul “Pembentukan Panitia PAW Kepala Desa Grati Diduga Cacat Prosedur dan Administrasi” agaknya membuat dirinya takut akan kebenaran yang akan terkuak dimata publik. Sabtu, 12 Juni 2021 sekitar pukul 17.07 WIB Bagus yang saat itu menghubungi melalui Whatsapp salah satu jurnalis Media Pelopor mengirimkan chat dengan bahasa jawa yang dari bahasa tersebut menuding bahwa pihak jurnalis terkesan memaksa ingin menggagalkan Pilkades PAW Desa Grati.

“Sampean ingin menggagalkan pilkades tah mas, kok kesane mekso” Tulis Bagus Via Whatsapp. Masih Bagus, “Aku diajak ketemuan sama pak camat hari ini”. Chat itu yang dikirim oleh Bagus kepada Jurnalis Media Pelopor.

Jurnalis Media Pelopor menghubungi Bagus Via Seluler untuk mengetahui apa ada yang salah dalam penulisan terkait pemberitaan tersebut.
Setelah tersambung Jurnalis Media Pelopor menanyakan apa maksut dari chat tersebut kepada Bagus.

“Samean maksutnya apa kok buat-buat berita seperti itu sampe dua kali, kalau satu kali tidak masalah lah OK tapi kalau dua kali ini apa”, tutur Bagus.

Tetap masih dengan pertanyaan kenapa sampai terucap bahwa Jurnalis yang ingin menggagalkan Pilkades Bagus tidak juga menjawab dengan benar malah jawabanya tidak tertuju kepertanyaan dan Bagus tetap dengan nada tinggi untuk mengajak ketemu.

“Sampean ini tupoksinya apa se Karang Taruna kok sampai sini, saya juga “tidak enak dengan pak Camat” ayo ngobrol bareng kita sharing, kemarin waktu tanya samean saya anggap teman dan saya ceritakan realnya, tapi kalau samean Wartawan iyo bedalah ayo ketemu aja”, tambah Bagus.

Sangat disayangkan sikap dari Ketua BPD yang seperti itu. Karena masyarakat Desa Grati harus tahu akan seluruh Pentahapan Pemilihan PAW Kepala Desa Grati, termasuk proses Pembentukan Panitia Pemilihan secara gamblang di muka publik. Dengan sikap Ketua BPD yang seperti itu maka ada sedikit “kejanggalan” seolah – olah seperti ada yang di tutupi dari publik.

Mungkin Ketua BPD tidak mengerti tentang apa itu rekomendasi dan akhirnya mengikuti rekomendasi tersebut. Dengan adanya kejadian yang seperti itu Media Pelopor akan terus mengawal proses demokrasi agar berjalan secara Fair sesuai dengan ketentuan aturan normatif yang ada, bukan untuk menggagalkan Pemilihan PAW Kepala Desa Grati.

Karena bila tidak sesuai dengan aturan normatif nya nanti ketika sudah ditetapkan calon Kepala Desa PAW terpilih kemudian ada pihak – pihak calon lainnya yang kalah melakukan gugatan, hal ini akan menjadi celah hukum yang sangat besar peluangnya untuk menggagalkan hasil Pemilihan PAW Kepala Desa Grati dan berpotensi konflik. (Azs/Lana)

 69 Pembaca,  3 Hari ini

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *