Gandeng Pmi, Rumkit Bhayangkara Gelar Donor Darah Dan Skrining Plasma Konvalesen

  • Bagikan

Palangka Raya, Pelopor.net – Kembali dalam rangka menyambut Hut Bhayangkara Ke 75, Polda Kalteng melalui Rumah Sakit Bhayangkara Tk III Palangka Raya menggelar Bakti Kesehatan Donor Darah dan Skrining Plasma Konvalesen bagi anggota Polri bertempat di Aula Kerucut Mapolda Kalteng Jalan Tjilik Riwut Km. 1 Kota Palangka Raya, Rabu (23/6/2021) pagi.

Kegiatan tersebut dipantau langsung oleh Kapolda Kalteng Irjen Pol. Dr. Dedi Prasetyo, M.Hum., M.Si., M.M. dan Ketua Bhayangkari Kalteng Ibu Martha Dedi Prasetyo didampingi Karumkit Bhayangkara Tk III Palangka Raya Kompol dr. Anton Sudarto.

Dalam pelaksanaan tersebut Polda Kalteng melalui Rumkit Bhayangkara Palangka Raya berkerjasama dengan Palang Merah Indonesia (PMI) dalam melakukan pengambilan darah dan pemeriksan awal atau skrining bagi calon pendonor plasma konvalesen untuk pasien Covid-19 nantinya.

Kapolda Kalteng melalui Karumkit Bhayangkara Tk III Palangka Raya Kompol dr. Anton Sudarto mengatakan pada masa pandemi Covid-19, semua pihak tengah berusaha untuk mengatasi penyakit Covid-19 dan dampaknya. Salah satu dampak dari pandemi ini adalah jumlah pendonor darah juga berkurang, sehingga stok darah di berbagai UTD PMI menipis.

“Tujuan dari pelaksanaan Bakti Kesehatan Donor Darah dan Skrining Plasma Konvalesen ini untuk membantu meningkatkan stok darah di UTD PMI serta untuk mengetahui tingkat titer antibodi yang dimiliki seorang pendonor yang telah dinyatakan sembuh dari Covid-19. Jadi, apabila pendonor dinyatakan layak maka akan dilakukan pendataan sebagai calon pendonor plasma konvalesen jika diperlukan”, ungkap dr. Anton Sudarto

Dalam kegiatan donor darah kali ini, terkumpul sebanyak 114 kantong darah dan 20 orang pendonor plasma konvalesen dari 156 orang pendonor serta 22 orang yang tidak memenuhi syarat. Hasil donor darah tersebut diserahkan kepada PMI Kota Palangka Raya.(45R)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *