Kapolda Jateng Tinjau Langsung 6.000 Vaksinasi Masal di Stadion

  • Bagikan
Kapolda Jateng Irjen Pol Ahmad Luthfi
Kapolda Jateng Irjen Pol Ahmad Luthfi

Semarang, Pelopor.net – Polda Jawa Tengah gelar vaksinasi Covid-19 masal serentak se-Jawa Tengah dengan target 1 juta. Kegiatan ini sebagai puncak perayaan Hari Bhayangkara ke-75 yang jatuh pada 1 Juli nanti, Sabtu (26/6/2021).

Kegiatan 1 Juta Vaksinasi yang akan digelar di Stadion Jatidiri Semarang ini rencananya akan di hadiri secara daring oleh Presiden RI Joko Widodo, dan dihadiri secara langsung oleh Kapolda Jateng Irjen Pol Ahmad Luthfi, Pangdam IV Diponegoro Mayjen TNI Rudianto, Gubernur Jateng Ganjar Pranowo, dan Walikota Semarang Hendrar Prihadi.

Vaksin Massal
Vaksin Massal

Kapolda Jateng Irjen Pol Ahmad Luthfi mengatakan, pelaksanaan vaksinasi dilaksanakan serentak di 35 Polres jajaran. Kegiatan satu juta vaksin ini merupakan target dari Presiden Joko Widodo yang diakselerasi oleh Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo.

“Target pelaksanaan vaksinasi sebanyak 1 juta, jumlah vaksinatornya 54.482 dan pelaksanaannya di 34 Polda yakni 4.504 titik,” kata Luthfi dalam keterangan pers, Sabtu (26/6).

Pelaksanaan vaksinasi ini lanjutnya sesuai dengan tema Hari Bhayangkara ke-75 yang diperingati di tengah Pandemi Covid-19.

“Kegiatan ini juga sesuai dengan tema Hari Bhayangkara tahun ini, yaitu Transformasi Polri Yang Presisi Mendukung Percepatan Penanganan Covid-19 Untuk Masyarakat Sehat dan Pemulihan Ekonomi Nasional Menuju Indonesia Maju,” sebutnya.

Rencananya pelaksanaan vaksinasi di Stadion Jatidiri menargetkan 6.000 orang diantaranya 3.000 masyarakat umum seperti pelaku usaha, PKL karyawan bank, ormas, serikat kerja, media dan disabilitas, serta 3000 lainya adalah masyarakat bahari.

Adapun mekanisme alur vaksinasi yaitu masyarakat melakukan pendaftaran, dilajutkan screening kemudian proses vaksinasi dan pemberian blangko dan sertifikat vaksin dan diakhiri dengan observasi.

Luthfi mengungkap, kegiatan vaksinasi dengan target satu juta tersebut diharapkan mampu menciptakan kekebalan kelompok atau Herd Immunity terhadap virus corona.

Meski begitu, jenderal bintang dua ini tetap mengimbau kepada masyarakat yang sudah divaksin untuk tetap menerapkan protokol kesehatan (prokes) dan 5 M.

“Harapan kami setelah vaksinasi ini bisa tercapai Herd Imunity di lingkungan masyarakat, imbuhnya.

Selain vaksinasi, sebelumnya Polda Jateng juga menggelar bakti sosial dengan 25 Juli sampai 9 september membagikan 35.000 paket sembako dan 1 Juta masker yang dilakukan secara bertahap pada.

Adapula kegiatan kemanusiaan lainnya, seperti kegiatan donor darah, donor plasma convalesen, operasi katarak, operasi bibir sumbing, pengobatan massal, dan pelayanan penerbitan SIM bagi masyarakat yang berulang tahun pada tanggal 1 Juli 2021. (as)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *