Polsek Pahandut Dampingi Pihak Medis Edukasikan Prosedur Pemakaman Covid-19 kepada Pihak Keluarga Pasien

Pelopor.Net - 14 Juli 2021 - 13:46 WIB
Polsek Pahandut Dampingi Pihak Medis Edukasikan Prosedur Pemakaman Covid-19 kepada Pihak Keluarga Pasien
 ()
|
Editor

Palangka Raya, Pelopor.net – Polemik mengenai prosedur pemakaman pasien Covid-19 yang meninggal dunia kerap terjadi antara pihak medis dan masyarakat di tengah pandemi yang melanda saat ini.

Mengantisipasi hal tersebut, Polsek Pahandut bergerak untuk mendampingi pihak medis untuk menyampaikan edukasi dan penjelasan kepada pihak keluarga pasien Covid-19 pada RSUD Doris Sylvanus Jalan Tambun Bungai, Kota Palangka Raya, Kalimantan Tengah, Rabu (14/7/2021) pukul 09.30 WIB.

Iptu Untung Nainggolan bersama Bhabinkamtibmas, Aipda Samsul menyampaikan penjelasan mengenai prosedur pemakanan pasien Covid-19 yang meninggal dunia kepada pihak keluarga, dengan wajib menggunakan protokol kesehatan yang berlaku.

“Karena almarhum meninggal dunia akibat Covid-19, maka prosedur pemakamannya pun wajib menggunakan protokol kesehatan yang akan dilakukan oleh pihak medis RSUD Doris Sylvanus,” tutur Aipda Samsul.

Ia menjelaskan, perdebatan terjadi karena pihak keluarga ingin membawa pulang jenazah pasien berinisial N (59), yang sebelumnya telah terkonfirmasi Covid-19 dan menjalani perawatan pada RSUD Doris Sylvanus.

“Pihak keluarga akhirnya menerima penjelasan yang kami sampaikan, sehingga mau mengikuti prosedur pemakaman jenazah almarhum dengan protokol kesehatan Covid-19,” ungkapnya.

Pemakaman pun akan dilakukan oleh tenaga medis dari RSUD Doris Sylvanus, yang harus segera dikuburkan sesuai dengan agama dan kepercayaan yang dianut almarhum setelah dilakukan pemulasaran, dalam waktu tidak lebih dari 24 jam.

“Saya atasnama pribadi dan kedinasan mengucapkan turut berduka cita yang sedalam-dalamnya, semoga almarhum diterima segala amal ibadahnya oleh Allah SWT dan semoga keluarga yang ditinggalkan diberikan ketabahan dan kekuatan,” pungkas Samsul. (45R)

 747 Pembaca,  3 Hari ini

Tinggalkan Komentar

Close Ads X