Terdampak Longsor Disaat Musim Hujan

Pelopor.Net - 22 Juli 2021 - 02:57 WIB
Terdampak Longsor Disaat Musim Hujan
Warga Membenai Jalan Yang Terdampak Longsor ()
|
Editor

Purwakarta, Pelopor.net – Terjadinya
longsor pada bulan Januari 2021 di Kampung Cigadung, pada saat itu musim hujan di awal bulan, 5 (lima) rumah warga terseret longsor dan putusnya akses jalan dari Kampung Cikajar menuju Kantor Desa, Kamis (22/7/21).

Setelah terjadinya longsor sudah berbagai upaya warga untuk pembuatan jalan dan jembatan gantung, supaya akses jalan tidak terputus.

Namun upaya tidak bisa memuaskan karena longsor sampai saat ini terus menerus melebar, pihak Pemkab bersama Wakil Ketua Komisi 4 DPR RI. H. Dedi Mulyadi SH. dan Kepala Dinas Binamarga Purwakarta turun langsung ketitik lokasi kejadian.

Kondisi longsor sampai saat ini masih terus melebar sehingga akses jalan dari Kampung Cikajar menuju Kantor Desa tidak bisa dilalui oleh roda 4 maupun roda dua (2) dan menimbulkan penyumbatan perekonomian warga Kampung Cikajar selama 4 bulan dengan jumlah penduduk lebih dari 700 jiwa.

Pada Bulan Mei Tahun 2021 tiga warga Kampung Cigadung yang bernama Utin, Udin dan Opah berinisiatip untuk membuat jalan sepanjang 203 meter lalu membikin jembatan gantung sepanjang 20 meter dengan beritikad semangat Inisiatip untuk terwujudlah jalan, yang hanya bisa di lalui oleh kendaraan roda dua.

Pembuatan jalan dan jembatan gantung tentu membutuhkan modal, karena setelah di hubungi ke si pemilik tanah, yang akan terlintasi oleh jalan tersebut harus di sewa dengan nilai kesepakatan dari beberapa pemilik sebesar 120 ribu rupiah.

Ketiga orang tersebut mendapat bantua seling dari BNPB serta tenda posko dan penerangan listrik dari PLN hingga digunakan selama 24 jam.

Sedangkan biaya pembuatan jembatan menghabiskan dana sebesar 25 juta rupiah dan keberhasilan saat ini bisa di rasakan oleh warga. Apa lagi di musim Pandemi Covid-19.

Saat di temui awak media Pelopor.net, ketiga warga tersebut dalam pesannya,” Tolong Kepada Pemkab Purwakarta provinsi maupun pusat, untuk supaya di tinjau kembali ke lokasi karena kami sangat membutuhkan bantuannya, dan sebelumnya di realisasi sesuai rencana, apalagi di musim Pandemi Covid-19,” pungkasnya. (Jo)

 45 Pembaca,  2 Hari ini

Tinggalkan Komentar

Close Ads X