PT.Kapuas Maju Jaya (PT KMJ) Lakukan Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) Sepihak Terhadap Karyawannya

Pelopor.Net - 30 Juli 2021 - 08:08 WIB
PT.Kapuas Maju Jaya (PT KMJ) Lakukan Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) Sepihak Terhadap Karyawannya
 ()
|
Editor

KAPUAS, PELOPOR.NET, KALTENG – Perusahaan harusnya melindungi dan memberikan kesejahteraan terhadap pekerja/karyawannya yang bekerja di dalamnya. Namun lain halnya yang dilakukan oleh salah satu Perusahaan yang bergerak di bidang Agro Bisnis Perkebunan Kelapa Sawit di Kabupaten Kapuas yang terletak di Desa Pasak Talawang Kabupaten Kapuas Provinsi Kalteng.

Sepertinya Perusahaan ini tidak melaksanakan aturan Pemerintah tentang ketenagakerjaan yang berlaku di Indonesia khususnya di Provinsi Kalimantan Tengah. Perusahaan yang mempunyai luas areal ribuan hektar dan memiliki ratusan Karyawan ini bertindak semaunya sendiri tanpa mengikuti aturan yang berlaku. Salah satunya baru – baru ini yang dilakukan  pihak Perusahaan memecat salah satu Karyawan Harian Tetap (KHT) secara sepihak dan dilakukan secara lisan

Sungguh malang nasib Karyawan bernama Longginus Jenta asal NTT yang dipecat secara lisan tanpa mendapatkan hak nya sebagai Karyawan di PT. KAPUAS MAJU JAYA.

Saat awak media Pelopor.net bertemu korban dan wawancara ia menuturkan, “Saya sudah bekerja di Perusahaan itu selama kurang lebih 8 (delapan) tahun. Pada saat itu saya dijemput oleh pihak Perusahaan sebagai karyawan / sebagai Operator Dum Truck (DT)untuk mengangkut buah sawit. Seiring berjalannya waktu saya bekerja sebagaimana mestinya sesuai dengan peraturan Perusahaan. Tapi pada hari Selasa Tanggal 22 Juni 2021 yang lalu saya di pecat secara lisan oleh HRD PT.KMJ tanpa alasan yang jelas, “ungkap Longginus Jenta dengan berlinang air mata.

Kemudian ditambahkan Longginus,  awal mulanya saya dimutasi ke pekerjaan panen buah sawit (Pemanen) berhubung saya ada penyakit dan saya tidak mampu mengerjakannya. Tapi pihak Perusahaan tidak mau tau dan mengatakan kepada saya, kalau kamu mau makan harus bekerja.

“Terhadap kasus yang menimpa diri saya ini telah saya laporkan ke Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Provinsi Kalimantan Tengah pada hari Senin (26/07/2021). Harapan saya kiranya pihak Disnakertrans sebagai wadah Ketenaga Kerjaan dapat membantu saya untuk memberikan perlindungan dan memberikan hak saya selama saya bekerja di PT. Kapuas Maju Jaya (PT.KMJ), “tutup pria kelahiran NTT ini.(45R)

 4,134 Pembaca,  15 Hari ini

Tinggalkan Komentar

Close Ads X