671 Calon Jama’ah Haji Kabupaten Sumenep Gagal Berangkat ke Tanah Suci

  • Bagikan

Sumenep, Pelopor.net – Sebanyak 671 Calon Jama’ah Haji (CJH) Kabupaten Sumenep gagal berangkat ke tanah suci di tahun 2021.

Ketidak berangkatan Calon Jama’ah Haji Kabupaten Sumenep tersebut diakibatkan pandemi Covid-19.

Sedikitnya ada 10 orang Calon Jama’ah Haji yang melakukan penarikan uang pelunasan.

“Sepuluh calon Jema’ah haji itu hanya menarik biaya pelunasan saja, bukan setoran awal,” Kata Kasi Penyelenggaraan Haji dan Umrah, Kantor Kementerian Agama Kabupaten Sumenep, Innani Mukarromah, pada wartawan, Kamis (10/6/2021).

Hal tersebut dilakukan pasca adanya pengumuman dari pemerintah bahwa calon jama’ah haji tahun 2021 gagal berangkat karena Pandemi Covid-19.

“Mereka itu, sebelumnya sudah melunasi biaya naik haji pada tahun 2020,” ujarnya.

Pihaknya mengatakan, ada dua kategori biaya ibadah haji yakni biaya setoran awal untuk mendapatkan porsi dan biaya pelunasan.

Konsekwensinya, kata dia, bagi calon jama’ah haji yang menarik seluruh biaya pelunasan, maka akan dikenakan biaya yang nantinya diperkirakan naik dari pada tahun sebelumnya.

“Mereka Calon Jama’ah Haji harus membayar biaya pelunasan kembali,” ungkapnya.

Namun, lanjutnya, bagi calon Jama’ah haji yang tidak melakukan penarikan uang pelunasan haji, tinggal berangkat jika ada panggilan keberangkatan tanpa harus menambah uang pelunasan kembali, meskipun ada kenaikan baru. (Yan)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *