70 Petarung Ramaikan Kujuaraan Piala KONI Surabaya

Pelopor.Net - 5 Desember 2022 - 10:06 WIB
70 Petarung Ramaikan Kujuaraan Piala KONI Surabaya
 (Pelopor.Net)
|
Editor redaksi

PELOPOR.net – SURABAYA – Sebanyak 70 petarung ikut terlibat kejuaraan piala KONI VI yang digelar oleh Pengurus Kota (Pengkot) Kodrat Surabaya pada Minggu (4/12/2022) kemarin di GOR Pancasila Surabaya. mereka berasal dari 16 Satlat yang ada di kota Surabaya. Kejuaraan ini mempertandingkan usia dini, remaja dan dewasa.

“Antusias yang banyak di sini ini menjadikan kita optimis untuk mencari bibit-bibit baru petarung Surabaya,” Ujar Ketua Umum Kodrat kota Surabaya, Sukma Sahadewa.

Pengurus Kodrat Surabaya juga berencana menggelar kejuaraan piala Walikota dalam waktu dekat dan juga Open Turnamen, masing-masing pemenang dari kejuaraan tersebut akan disiapkan untuk PORPROV 2023.

Diharapkan dari kejuaraan kejuaraan itu akan lahir bibit bibit bagus petarung yang siap merebut juara di PORPROV mendatang.

“Mudah-mudahan kita target bisa 5 medali emas, dan berdoa bisa juara umum, dari beberapa kelas sudah kita siapkan, Kita latih fokus secara maksimal, dan yang paling penting juga dukungan dari keluarga petarung yang luar biasa, ini menjadi kekuatan yang kita miliki, menjadi semangat yang luar biasa,” Jelasnya.

Menurut Sukma, kejuaraan seperti ini dinilai cocok sebagai arena bertarung resmi anak-anak muda daripada terlibat tawuran, perkelahian bahkan ikut gangster di Surabaya.

Pihaknya prihatin dengan fenomena anak muda yang berkelahi dan tawuran di jalanan yang akhir akhir ini viral di Surabaya, padahal mereka bisa bertarung di arena resmi seperti dalam kejuaraan Tarung Derajat ini.

“Fenomena yang ada di kota Surabaya sekarang ini berkaitan dengan tawuran, gangster itu mudah-mudahan (kejurkot) ini sebagai partisipasi juga untuk meminimalkan tawuran di luar, kita memang mempertandingkan teknik yang kita miliki, latihan yang sudah ada secara profesional untuk bertanding di matras yang kita gelar di sini, sehingga kita memberikan pendidikan akhlak dan tingkah laku untuk seluruh atlet dan seluruh petarung yang ada di kota Surabaya ini, mudah-mudahan ini juga menjadi salah satu cara untuk mengantisipasi hal-hal yang negatif di luar dengan ikut latihan di Tarung Derajat Kota Surabaya,” Ujarnya.

Sukma bahkan mengajak anak anak muda yang suka bertarung untuk ikut berlatih dan daftar masuk ke satlat Tarung Derajat yang ada di Surabaya, mereka akan dilatih bagaimana teknik bertarung dan sikap yang pantas dimiliki oleh seorang petarung.

“Ada di beberapa tempat yang nanti mereka bisa ikut di sana, mendaftar dan ada kontinuitas untuk ikut latihan, sehingga bisa memaksimalkan terhadap keanggotaan,” Terangnya.

Para petarung yang tanding di Kejuaraan KONI kali ini pun, lanjut Sukma, sebelumnya juga ikut latihan dan pembinaan di masing masing Satlat, untuk ikut tanding pun sudah ada seleksi dari masing-masing Satlat dan sudah ada pendampingan-pendampingan yang ada di satuannya. Tidak semua ditandingkan, namun ada batas usia, batas berat badan, batas sabuk yang sudah didapatkan, sehingga memang betul-betul profesional yang dilakukan dan meminimalkan cidera.

Sementara itu, Sekretaris Umum Kodrat Jawa Timur, Febri Noviatmoko mengapresiasi kejuaraan mandiri piala Koni yang digelar Kodrat Surabaya ini, Kejuaraan ini sangat bagus untuk menyalurkan aspirasi berlatih anak anak, semoga di Porprov di Sidoarjo nanti bisa sukses. Surabaya sendiri kemarin berhasil dapat 1 emas, 6 perak dan beberapa perunggu.

“Kodrat Surabaya bisa lebih baik lagi untuk bersaing dan berkontribusi di ajang nasional,” Terangnya.

Bidang Organisasi KONI Surabaya, Mukti Priono mengatakan, Kejuaraan mandiri seperti ini sangat bagus, Apalagi pembinaan seperti ini sangat diutamakan, kalau tidak ada kejuaraan tidak akan ada wakil Surabaya di Porprov mendatang.

“Ini kan ada usia dini 10 tahun, lima tahun lagi kan jadi wakilnya Surabaya, karena Porprov kan dibatasi umur 23, anak usia ini sangat Penting harus dipupuk terus, makanya tahun depan harus diadakan kejuaraan lagi,” Jelasnya.

Mukti berharap, dari pada anak muda tawuran di luar mending bertanding disini, apalagi zaman sekarang bisa mengumpulkan 70 atlet petarung dalam satu kejuaraan tidaklah mudah, sehingga keberhasilan Kodrat Surabaya dalam penyelenggaraan Kejuaraan piala Koni kali ini sangat luar biasa, (agus).

 575 Pembaca,  6 Hari ini

Tinggalkan Komentar

IKLAN

IKLAN

IKLAN

Close Ads X