Kakek Tipu Surat Tanah Raup Puluhan Miliar

Pelopor.Net - 22 Februari 2022 - 18:50 WIB
Kakek Tipu Surat Tanah Raup Puluhan Miliar
 (Pelopor.Net)
|
Editor

PELOPOR.net – Surabaya – Satreskrim Polres Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya berhasil mengungkap dan menangkap salah satu pelaku yang memalsukan data tanah milik orang lain untuk dijual – belikan.

Tersangka ADW (65) warga Kertosono mampu menipu 22 orang korban. Bahkan hal tersebut mampu mencapai kerugian sebesar 40 miliar.

Namun aksi tersangka ini akhirnya terendus oleh petugas Kepolisian, pasca adanya korban yang melapor perihal pembelian tanah kepada tersangka, yang terletak di Jalan Tambak Pring seluas 2.220 M².

Kapolres Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya AKBP Anton Elfrino yang saat itu ditemani pihak instansi BPN dan Kajari Surabaya memaparkan, bahwa tersangka ini seolah olah memiliki bukti otentik atas kepemilikan tanah tersebut dan akan di Hak Agunkan/di Jaminkan.

“Namun pada faktanya, saat para pembeli atau para korban sudah melunasi pembayaran, ketika akan disertifikatkan, obyek tanah tersebut sudah ada yang memiliki,” tutur Anton Elfrino, pada hari selasa (22/2/2022) sore.

Tersangka terbilang sangat cerdik dalam menjalankan aksinya, hal itu terbukti bahwa dirinya sejak tahun 2017 sudah mulai menjual tanah milik orang lain hingga mampu meraup keuntungan puluhan miliar.

Bahkan demi melancarkan aksinya, tersangka juga melibatkan Notaris agar transaksinya nampak sempurna. Untuk saat ini Notaris yang terlibat masih dalam pengembangan oleh pihak Kepolisian.

Tersangka dan barang bukti berupa satu bendel akta jual beli dan petok D diamankan oleh petugas Kepolisian. Tersangka dijerat Pasal 266 KUHP dengan ancaman 7 tahun penjara.

(jack)

 423 Pembaca,  3 Hari ini

Tinggalkan Komentar

Close Ads X