Informasi Yang Beredar Dinilai Berlebihan Oleh BMKG

Pelopor.Net - 8 Maret 2022 - 18:09 WIB
Informasi Yang Beredar Dinilai Berlebihan Oleh BMKG
 (Pelopor.Net)
|
Editor

PELOPOR.net – Kupang – Sesuai informasi yang beredar di media Facebook, yang katanya akan terjadi hujan badai di daerah Sumba Timur, dan dikatakan bahwa informasi yang beredar adalah informasi yang didapatkan dari BMKG adalah hoax.

Koordinator Bidang Observasi dan Informasi BMKG, Ibu Maria Patrycia Seran ketika dikonfirmasi media ini, mengatakan, Informasi tersebut kami pastikan bukan berasal dari kami. Hingga hari ini belum terpantau lagi adanya potensi badai tropis disekitar wilayah NTT, Informasi itu dinilai berlebihan.

Saat ini wilayah NTT memang masih berada di periode musim hujan. Dengan suhu muka laut yang masih cukup hangat serta kondisi labilitas lokal yang kuat dan juga saat ini terpantau adanya sirkulasi siklonik di Laut Banda sebelah timur laut NTT, sehingga membentuk daerah perlambatan kecepatan angin di wilayah NTT. Kondisi tersebut mampu meningkatkan pertumbuhan awan hujan yang menyebabkan potensi hujan ringan hingga lebat yang dapat disertai petir dan angin kencang.

Ada beberapa wilayah yg kami beri peringatan dini hingga 3 hari ke depan utk potensi hujan termasuk di antaranya adalah kabupaten-kabupaten yg ada di Sumba termasuk di waingapu (sumba timur).

Namun masyarakat tidak perlu panik, karena hujan disertai petir dan angin kencang berdurasi singkat yang diberi warning pada daerah-daerah dalam tabel di atas bukanlah cuaca ekstrem dari adanya sebuah badai tropis.

Cuaca ekstrem tersebut adalah sesuatu yang wajar kita alami saat berada pada periode musim hujan. Walaupun demikian, kita tetap harus waspada akan potensi dampak bencana yang menyertai jika cuaca ekstrem tersebut berlangsung dalam durasi yang cukup lama atau beberapa jam, karena dapat berpotensi banjir atau longsor.

(Ridho Seran)

 807 Pembaca,  6 Hari ini

Tinggalkan Komentar

Close Ads X