Polair Ingatkan Masyarakat Untuk Hati-Hati, Cuaca Tidak Menentu

Pelopor.Net - 13 Maret 2022 - 17:48 WIB
Polair Ingatkan Masyarakat Untuk Hati-Hati, Cuaca Tidak Menentu
 (Pelopor.Net)
|
Editor

PELOPOR.net – Palangkau Lama – Direktorat Kepolisian Perairan dan Udara (Ditpolairud) Polda Kalteng Kapal Polisi XVIII-1018 Daerah Aliran Sungai (DAS) Barito tak henti-hentinya memberikan himbauan kepada masyarakat, Minggu (13/03/2022) pagi.

Belakangan ini sering terjadi cuaca ekstrem yang berpotensi menimbulkan dampak berupa bencana hidrometeorologi, seperti banjir, banjir bandang, tanah longsor yang dapat membahayakan publik, serta hujan lebat disertai kilat atau petir dan gelombang tinggi yang membahayakan aktivitas para nelayan atau masyarakat yang bekerja diair.

Dirpolairud Polda Kalteng Kombes Pol Edward Indharmawan Eka Candra, S.I.K., M.H., melalui Bripka Rahmat Efendi selaku Komandan Kapal XVIII- 1018 menanggapi peristiwa alam ini, menghimbau kepada seluruh masyarakat agar senantiasa selalu waspada dan peka terhadap kondisi cuaca ekstrim yang terjadi saat ini.

“Kami minta kepada seluruh masyarakat, dalam menghadapi perubahan cuaca ekstrem ini agar masyarakat selalu mengutamakan keselamatan saat beraktivitas khususnya yang berada di lokasi rawan bencana alam, agar mencegah risiko adanya korban jiwa, maupun kerusakan materil yang cukup besar,” ujarnya.

“Selain itu, untuk para pengguna jasa perairan agar selalu memperhatikan alat transportasi dalam keadaan kondisi layak digunakan, senantiasa mematuhi SOP dalam berlayar dan lengkapi alat keselamatan.

Kepada masyarakat pesisir, nelayan agar mewaspadai gelombang tinggi dan angin kencang, serta bagi armada penyebrangan, speed boat dan klotok agar jumlah penumpang tidak melebihi kapasitas muatan.” tutup Rahmat.

(45R)

 291 Pembaca,  6 Hari ini

Tinggalkan Komentar

Close Ads X