Jaksa Negeri Kabupaten Bangkalan Peresmian Launching di Desa Parseh Rumah Restorative Justice (COMPOK BU’REMBU’)

Pelopor.Net - 31 Maret 2022 - 21:41 WIB
Jaksa Negeri Kabupaten Bangkalan Peresmian Launching di Desa Parseh Rumah Restorative Justice (COMPOK BU’REMBU’)
 (Pelopor.Net)
|
Editor

PELOPOR.net – Bangkalan – kamis 31 Maret 2022. Kejaksaan negeri Bangkalan Madura Jawa timur telah meresmikan Rumah Restorative justice atau yang biasa di kenal dengan istilah COMPOK BU’ REMBU’ di Desa Parseh kecamatan Socah, Kamis (31/03/2022).

Peresmian tersebut dihadiri oleh jaksa beserta rombongan, Kapolsek Socah, Danramil 0829 Socah, camat Socah, kepala Desa sanggra Agung dan juga tokoh masyarakat desa Parseh beserta Warga setempat.

Jaksa menjelaskan, bahwa Rumah Restorative justice ini merupakan kepanjangan tangan dari kejaksaan negeri Bangkalan, guna untuk proses Hukum yang ada di pedesaan.

“Salah satu contohnya, apabila ada warga yang melanggar hukum seperti mencuri dengan Nominal hasil curiannya tidak melebihi dari Rp 2.500.000 (dua juta lima ratus ribu rupiah), maka pelaku tindak kejahatan bisa di hakimi di Rumah Restorative justice tersebut.

Namun kepala Desa harus menghubungi kejaksaan negeri Bangkalan apabila dikemudian hari ada persidangan ditempat,” ucap Candra selaku ketua jaksa di kejaksaan negeri Bangkalan.

Rumah Restorative justice tersebut juga akan selalu di pantau oleh kejaksaan negeri Bangkalan dan apabila ada permasalahan terkait dengan putusan maka kejaksaan negeri Bangkalan akan mengirim salah satu jaksa untuk memutus perkara tersebut dengan cara kedua belah bihak harus berdamai.

“Walaupun dengan adanya Rumah Restorative justice ini di Desa Parseh, untuk seluruh warga desa Parseh agar tidak sekali kali melakukan tindak kejahatan demi terwujudnya desa yang Aman, tentram dan damai,” Cetus Moh. Ilyas selaku kepala Desa Parseh.

Dengan adanya Rumah Restorative justice ini guna menindak lanjuti kasus tindak pidana Ringan (TIPIRING) supaya pelaku tindak kejahatan tidak hukum, Namun korban sama pelaku harus saling memaafkan.

(Ach Fadlan)

 444 Pembaca,  3 Hari ini

Tinggalkan Komentar

Close Ads X