Bea Cukai Madura Ajak Masyarakat Sokobenah Brantas Rokok Ilegal

Pelopor.Net - 2 April 2022 - 17:35 WIB
Bea Cukai Madura Ajak Masyarakat Sokobenah Brantas Rokok Ilegal
 (Pelopor.Net)
|
Editor

PELOPOR.net – Sampang – Bea cuka madura dalam sosialisasi di Desa Bira Tikur, Kecamatan Sokobenah, Kabupaten Sampang, mengajak masyarakat setempat membrantas peredaran Rokok ilegal, senin (1/4/2022) kemarin.

Kepala Seksi Kepatuhan Internal dan Penyuluhan Bea Cukai Madura Zainul Arifin menjelaskan, sosialiasi tersebut memberikan pemahaman terhadap masyarakat tentang ketentuan cukai serta menyampaikan hasil pendapatan Dana Bagi Hasil Cukai Hasil Tembakau (BHHCHT) bagi penikmat rokok. Hal itu, bertujuan agar para penikmat rokok tahu atau membedakan ciri ciri rokok ilegal dan legal, selasa (2/4/2022).

“Masih banyak konsumen lebih memilih rokok ilegal dibandingkan legal. Karena, persaingan harga rokok ilegal lebih murah, yang penting bisa ngepul,”katanya.

“Rokok ilegal dapat dipastikan dan jelas tidak memenuhi perundang-undangan yang berlaku, jika keterdapatan memproduksi kapasitas banyak dan disebar luaskan serta di jual belikan, maka di jatuhkan denda atau di pidanakan,”lanjutnya.

Zainul menerangkan kepada masyarakat, ciri-ciri rokok ilegal, yaitu rokok tanpa dilekati pita cukai rokok (rokok polos), rokok menggunakan pita cukai palsu, rokok menggunakan pita cukai bekas, rokok menggunakan pita cukai yang bukan haknya (salson), dan rokok menggunakan pita cukai yang tidak sesuai jenis dan golongannya (saltuk).

“Kami sudah menjelaskannya secara detail kepada masyarakat melalui sosialisasi secara bincang santai di sebuah kampung melon. Insya”allah akan paham hal tersebut,”ungkapnya.

Hasil pengamatan rokok ilegal yang beredar di wilayah hukum Sampang yang disebut daerah perlintasan, ada beberapa barang ditemukan petugas Bea Cukai melalui jasa titipan rokok ilegal yang dijual.

“Kami temukan beberapa pengiriman rokok ilegal dari pengirim. Tetapi, jumlah barang memang jauh lebih sedikit dibandingkan kabupaten lain,”tutupnya.

(Ros)

 601 Pembaca,  3 Hari ini

Tinggalkan Komentar

Close Ads X