Berbagai Cara Cegah Percaloan SIM, Kini bisa Lewat Cak Bhabin

Pelopor.Net - 3 April 2022 - 14:29 WIB
Berbagai Cara Cegah Percaloan SIM, Kini bisa Lewat Cak Bhabin
 (Pelopor.Net)
|
Editor

PELOPOR.net – Surabaya – Satlantas Polrestabes Surabaya memberikan kemudahan guna mencegah praktik percaloan terkait dalam penerbitan atau pengurusan Surat Ijin Mengemudi (SIM).

Terobosan inovasi terkini dari Satlantas Polrestabes Surabaya itu yang dinamai SIM Cak Bhabin.

Sesuai namanya, pembuatan SIM itu melibatkan Bhabinkamtibmas Polres atau Polsek Jajaran. Cak Bahbin tugasnya mendata warga yang ingin membuat SIM. Kemudian memberikan pelatihan ujian praktik SIM secara berkala.

Di pagi yang cerah belasan warga datang ke Satpas SIM Colombo Surabaya guna membuat SIM Baru maupun Perpanjangan SIM yang di akomodir oleh Bhabinkamtibmas Polsek untuk SIM Kolektif, Sabtu pagi (2/4/2022).

Kapolrestabes Surabaya Kombes Pol Akhmad Yusep Gunawan didampingi Kasat Lantas AKBP Teddy Chandra mengatakan, terkait inovasi ini sebagai upaya untuk menghindari potensi dari penyimpangan, seperti praktik Percaloan atau Pungli.

Setiap Bhabinkamtibmas yang ada di 131 kelurahan di Surabaya akan mendata tiap-tiap warga yang ingin membuat SIM. Kemudian oleh cak Bhabin, warga diajak ke Satpas SIM Colombo untuk diberikan pelatihan Ujian Praktik SIM.

“Dengan inovasi ini, masyarakat bisa mendapat pelayanan yang prima saat mengurus SIM,” tutur Kombes Pol M. Yusep Gunawan, Sabtu pagi (2/4/2022).

Kombes Yusep juga menegaskan, tak ada batasan kuota masyarakat yang ingin mengikuti SIM Kolektif yang melalui Bhabinkamtibmas. Bahkan personil Bhabinkamtibmas dituntut punya kemampuan untuk komunikasi yang baik dengan masyarakat.

“Adapun untuk biayanya, tak ada tambahan sedikitpun. Semua biaya normal sesuai dengan peraturan yang berlaku,” pungkas Kapolrestabes Surabaya Kombes Pol M. Yusep Gunawan.

(BERTUS/TIM)

 315 Pembaca,  3 Hari ini

Tinggalkan Komentar

Close Ads X