Walikota Lantik 30 Kepala Sekolah

Pelopor.Net - 9 April 2022 - 17:52 WIB
Walikota Lantik 30 Kepala Sekolah
 (Pelopor.Net)
|
Editor

PELOPOR.net – Kota Pekalongan – Sebanyak 30 Kepala Sekolah di Lingkungan Pemerintah Kota Pekalongan diambil sumpah atau dilantik oleh Walikota Pekalongan, HA Afzan Arslan Djunaid SE di Aula Gedung B Dinas Pendidikan Kota Pekalongan, Jumat (8/4/2022). Para kepala sekolah yang dilantik ditekankan untuk meningkatkan kompetensi dalam hal teknologi.

Walikota Aaf menyampaikan bahwa pelantikan kepala sekolah ini ada yang promosi dan rotasi. Ada 4 kepala sekolah yang promosi, dan 26 yang rotasi, mudah-mudahan lebih maksimal.

“Saya tekankan kepada kepala sekolah untuk bisa menyesuaikan tanggung jawab, kemajuan teknologi, dan sistem belajar mengajar saat ini. Pasalnya kegiatan siswa sekarang sudah berbeda, lebih memanfaatkan teknologi,” terang Aaf.

Menurut Aaf, siswa sekarang lebih banyak menggunakan gadget, baik untuk mencari tugas atau lainnya, apalagi era pandemi saat ini. “Jangan hanya murid yang menyesuaikan kepada sekolah tetapi para guru dan kepala sekolah harus menyesuaikan dengan keadaan murid sekarang,” tekan Aaf.

Disampaikan Aaf, kelihatannya anak-anak hanya bisa menggunakan gadget tetapi ternyata sudah ada profesi baru yang memanfaatkan gadget seperti menjadi gamers dan konten kreator, tetapi anak-anak tetap butuh pengawasan dan bimbingan.

Mungkin para guru tak bisa mengontrol muridnya 24 jam, namun yang terpenting saling menyesuaikan. “Semua harus bisa mengikuti perkembangan teknologi atau melek teknologi pada era modern/digital ini,” tukas Aaf.

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan Kota Pekalongan, Zainul Hakim SH MM menerangkan bahwa Pemkot Pekalongan mengambil sumpah kepada 30 orang kepala sekolah dengan rincian 4 orang promosi yakni 1 orang untuk kepala TK dan 3 orang kepala SD. Kemudian 26 kepala sekolah rotasi untuk jenjang TK, SD, SMP.

“Untuk jabatan kepala sekolah ini kami ada pertimbangan, kebetulan ada posisi jabatan yang kosong, sehingga kami di Dinas Pendidikan ada tim yang melibatkan unsur dari bidang dan pengawas.

Ada penilaian kepala sekolah, kami pernah mengikutkan calon kepala sekolah. Empat orang yang promosi ini sudah memenuhi syarat dan lulus melalui proses di LPMP Jawa Tengah,” papar Hakim.

Hakim berharap kepala sekolah yang dilantik sesuai dengan arahan Walikota Pekalongan. Saat ini masuk era digital dan Kota Pekalongan masuk smartcity.

“Harapannya para kepala sekolah dan guru dapat meningkatkan kualitas, kapasitas, dan kompetensi penguasaan TIK. Adanya pandemi ini ada hikmah tersendiri yakni percepatan masuknya teknologi,” pungkas Hakim.

(Kominfo/Tim)

 289 Pembaca,  3 Hari ini

Tinggalkan Komentar

Close Ads X