Bank Indonesia Hadirkan Toba Jou-Jou Festival 2022 di Hutaraja

Pelopor.Net - 18 Oktober 2022 - 19:31 WIB
Bank Indonesia Hadirkan Toba Jou-Jou Festival 2022 di Hutaraja
 (Pelopor.Net)
|
Editor redaksi

PELOPOR.net – Samosir – Bank Indonesia Sibolga kembali menghadirkan Kegiatan Toba Jou-Jou Festival 2022 untuk kedua kali setelah yang pertama pada tahun 2021 diselenggarakan secara full virtual. Pada 2022, Toba Jou-Jou Festival dilaksanakan secara hybrid yang berlokasi di kampung ulos Hutaraja, kecamatan Pangururan, kabupaten Samosir, kegiatan berlangsung dua hari yaitu pada hari Senin dan rabu (17/18/2022).

Kegunaan Toba Jou-Jou Festival 2022 merupakan kegiatan yang diselenggarakan atas kolaborasi kantor perwakilan Bank Indonesia Sumatera Utara berasama kantor perwakilan Bank Indonesia Sibolga, yang bersinergi dengan pemerintah daerah, dekranasda, perbankan, asosiasi, komunitas dan stakeholder terkait.

Acara secara resmi dibuka oleh Menteri Pariwisata Dan Ekonomi kreatif Republik Indonesia, Sandiaga Uno dan turut dihadiri oleh anggota DPR RI komisi XL, Gus Irawan Pasaribu, kepala perwakilan Bank Indonesia Sumatera Utara, Doddy zulvedi; Bupati Samosir Vandiko Gultom; dan kepala perwakilan Bank Indonesia Sibolga; Yuliansa Andrias.

Dalam sambutannya kepala perwakilan BI Sibolga, Yuliansa Anrian mengatakan, “Penyelenggaraan Kegiatan Toba Jou-Jou Festival 2022 tahun ini mengangkat tema “Pengembangan Destinasi wisata didukung potensi UMKM lokal Berbasis digital demi mendukung pemulihan ekonomi dan penciptaan devisa. Tema tersebut menggambarkan kondisi perekonomian saat ini yang turut diperkuat dengan pelaksanaan presidensi G-20 dengan tema Recover together, Rocover stronger ” ujar Yuliansa.

“Terdapat tiga strategi yang disusun dalam pelaksanaan kegiatan antara lain pengembangan destinasi pariwisata Sumber prioritas, pengembangan pelaku UMKM pendukung pariwisata, dan perluasan digitalisasi sistem pembayaran. Ketiga strategi tersebut kami tuang dalam (tiga) Kegiatan utama yakni Toba Jou-Jou Show, fair dan forum. Toba Jou-Jou Show fokus pada kegiatan ceremony dan competition, dengan rangkaian opening ceremony berupa penyerahan dan peresmian program Sosial Bank Indonesia dalam rangka dedikasi untuk negeri launching the new Hutaraja, fashion show wastra lokal, serta pelaksanaan gerakan tanam bersama d/r pengendalian lnsflasi pangan”.

Yuliansa juga mengatakan, “Sebagai Pelengkap strategi Bank Indonesia Sibolga juga menghadirkan Toba Jou-Jou Forum yang fokus dalam Talkshow dan Dissemination dengan topik pengembangan desa wisata kelas dunia berbasis community development, strategi hilirisasi produk tenun ulos, tata cara ekspor dengan mudah serta diseminasi hasil penelitian mengenai pengembangan desa wisata yang merupakan kerjasama antara kantor perwakilan Bank Indonesia Sibolga dengan politeknik pariwisata Medan” Ucapnya.

Lebih lanjut, “Toba Jou-Jou Festival 2022 turut berkolaborasi dan bersinergi dengan berbagai stakeholder yakni ke, kemenparekraf, menkomarves, pemerintah daerah, BUMN, badan pelaksana otorita danau Toba, perbankan dan PJSP, akademisi, asosiasi/komunitas, fashion designer, UMKM binaan dan mitra, BUMDES, media cetak dan online lokal maupun nasional dan masyarakat sekitar. Sebagai penguatan sinergi, pelaksanaan Toba Jou-Jou Festival 2022 bertujuan demi peningkatan kontribusi pemulihan ekonomi serta promosi perdagangan melalui sektor pariwisata, UMKM, Digitalisasi dan ekspor serta sebagai sosialisasi”.

“Kepada masyarakat luas terkait sistem pembayaran tunai melalui CBPR serta non tunai/digital melalui QRIS sebagai pendukung pada destinasi pariwisata super prioritas danau Toba” Pungkasnya.

Harapannya, Melalui Kegiatan ini seluruh Para pemangku kebijakan beserta masyarakat dapat terus meningkatkan upaya melalui berbagai program demi meningkatkan ekonomi baik secara nasional maupun secara regional.

(Val-21/Pel/S)

 465 Pembaca,  3 Hari ini

Tinggalkan Komentar

IKLAN

IKLAN

IKLAN

Close Ads X