BPSDM Kemendagri Berupaya Kembangkan Kompetensi ASN dengan Corporate University

Pelopor.Net - 6 Maret 2022 - 15:52 WIB
BPSDM Kemendagri Berupaya Kembangkan Kompetensi ASN dengan Corporate University
 (Pelopor.Net)
|
Editor

PELOPOR.net – Jakarta – Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) melalui Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) berupaya mengembangkan kompetensi Aparatur Sipil Negara (ASN) dengan corporate university. Upaya tersebut secara teknis diwujudkan dengan menggelar webinar JUMPA (Jumat Pagi) Belajar bertajuk “Tantangan dan Peluang Pembangunan Kementerian Dalam Negeri Corporate University”, Jumat (4/3/2022).

Diharapkan melalui ikhtiar tersebut, kompetensi ASN di lingkungan BPSDM Kemendagri dapat meningkat secara simultan, serta dapat memacu pengembangan kompetensi ASN di Kemendagri dan pemerintah daerah (pemda).

Kepala BPSDM Kemendagri Teguh Setyabudi mengatakan, program corporate university merupakan program yang dimulai Kementerian Keuangan (Kemenkeu). Saat ini program tersebut diterapkan di kementerian/lembaga lainnya, tak terkecuali di Kemendagri. Konsep program ini dinilai sejalan dengan amanat yang termuat pada regulasi yang ada.

“Sesuai dengan amanat dalam Pasal 203 Peraturan Pemerintah Nomor 17 Tahun 2020 tentang Perubahan Atas Peraturan Pemerintah Nomor 11 Tahun 2017 tentang Manajemen Pegawai Negeri Sipil yang berbunyi Setiap PNS memiliki hak dan kesempatan yang sama dalam pengembangan kompetensi dengan memperhatikan hasil penilaian kinerja dan penilaian kompetensi PNS yang dilakukan paling sedikit 20 (dua puluh) jam pelajaran dalam 1 (satu) tahun yang dilaksanakan melalui pendekatan sistem pembelajaran terintegrasi (corporate university),” ujar Teguh.

Terkait amanat tersebut harus dijalankan oleh kementerian untuk memberikan landasan yang kuat secara yuridis, terkait pembangunan corporate university di lingkungan Kemendagri dengan banyak tantangan dan peluang tentunya.

“Moment yang mendukung percepatan pembangunan corporate university antara lain adalah adanya pandemi Covid-19 yang muncul berbarengan di era revolusi industri 4.0 yang secara tidak langsung berkontribusi pada perubahan sistem kerja PNS dan digitalisasi layanan, termasuk layanan pengembangan kompetensi melalui corporate university,” tandas Teguh.

(Bila)

 351 Pembaca,  6 Hari ini

Tinggalkan Komentar

Close Ads X