Buaya Bengawan Solo Berhasil Ditangkap Warga Parengan

Pelopor.Net - 9 Juli 2021 - 02:36 WIB
Buaya Bengawan Solo Berhasil Ditangkap Warga Parengan
 ()
|
Editor
Warga Menangkap Seekor Buaya

Warga Menangkap Seekor Buaya

Lamongan, Pelopor.net – Yang sempat membikin gempar warga munculnya seekor buaya di kawasan Bengawan Solo Desa Parengan, Kecamatan Maduran, Kabupaten Lamongan, akhirnya berhasil ditangkap warga.

Buaya yang berukuran tidak terlalu besar tersebut ditangkap oleh empat orang warga desa setempat, dengan menggunakan alat seadanya. Pada saat penangkapan buaya tersebut sebenarnya dilakukan warga secara tidak sengaja atau tanpa direncanakan sebelumnya,” kata Camat Maduran, Harwah Yutama, Kamis, (8/7/2021).

Sesaat sebelum penangkapan, ada beberapa warga yang tengah berada di bantaran bengawan solo dan tiba-tiba buaya tersebut muncul ke permukaan.

Kemudian warga mencoba mengusir buaya itu dengan melempar kerikil. Saat dilempar itu buaya sempat menyelam. Namun sesaat kemudian buaya tersebut kembali muncul ke permukaan. Bahkan munculnya lebih ke tepian sungai. Kondisi itu membuat warga terpikir untuk menangkap sang buaya,” ujar Harwah.

Harwah menuturkan, Pada saat itu tidak membawa alat apapun, akhirnya salah satu warga berinisiatif untuk mengambil tali tambang dan galah bambu.

“Setelah itu warga kemudian melemparkan tali langsung mengenai kepala buaya. Warga kemudian bersama-sama berusaha menarik buaya tersebut ke permukaan ke atas tanggul.

Usaha yang dilakukan warga tersebut akhirnya membuahkan hasil. Buaya yang berukuran tidak terlalu besar berhasil ditarik ke daratan.” Saat itu warga sempat kuwalahan, karena buayanya berontak. Tapi dengan sekuat tenaga akhirnya berhasil juga,” tambahnya.

Kini buaya tersebut menjadi tontonan warga. kata Harwah rencananya buaya tersebut akan diserahkan ke Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) untuk dilestarikan dan tidak membahayakan warga. Buaya yang tertangkap saat ini berukuran tidak terlalu besar. Diperkirakan masih ada buaya lagi dan ukurannya lebih besar,” pungkasnya. (rid)

 57 Pembaca,  1 Hari ini

Tinggalkan Komentar

Close Ads X