Cegah Terjadinya Perang Sarung, Kapolsek Tegal Barat Giatkan Taraweh Keliling

Pelopor.Net - 17 April 2022 - 11:20 WIB
Cegah Terjadinya Perang Sarung, Kapolsek Tegal Barat Giatkan Taraweh Keliling
 (Pelopor.Net)
|
Editor

PELOPOR.net – Tegal – Upaya jajaran Polres Tegal Kota dalam menciptakan situasi yang kondusif selama bulan suci Ramadhan 1443 H di Kota Tegal terus dilakukan dengan melaksanakan berbagai kegiatan. Salah satunya dengan mengiatkan sholat Taraweh Keliling (Tarling) seperti yang dilakukan oleh Kapolsek Tegal Barat bersama jajarannya dengan melaksanakan sholat Taraweh Keliling di Masjid Al Fajar Jalan Cempedak Kelurahan Kraton, Kec. Tegal Barat Kota Tegal, Sabtu (16/4/2022) malam.

Kegiatan tersebut dilaksanakan selain dalam rangka ukhuwah islamiyah meningkatkan persaudaraan dan kerukunan antar sesama muslim, Kapolsek Tegal Barat Kompol Aries Heryanto, SH yang hadir bersama Panitbinmas dan Bhabinkamtibmas juga memberikan himbauan kepada seluruh jamaah masjid untuk bersama sama ikut berperan aktif dalam menjaga kondusifitas keamanan dan kenyamanan selama bulan Ramadhan.

“Kami mengajak umat islam khususnya para jamaah Masjid Al Fajar untuk membantu kepolisian dalam menjaga kamtibmas. Kami mohon kerjasamanya dengan memberikan informasi kepada pihak kepolisian apabila terjadi permasalahan di masyarakat,”ungkapnya

Kapolsek juga mengingatkan untuk selalu meningkatkan kewaspadaan lingkungan terutama saat menaruh atau parkir kendaraan dalam mencegah aksi kejahatan curanmor maupun kejahatan lainnya disaat para jamaah melaksanakan ibadah sholat taraweh.

Kapolsek menambahkan, bahwa di bulan suci ramadhan seperti saat ini justru muncul satu permasalahan yang akhir-akhir ini menjadi perhatian banyak pihak, yaitu adanya perang sarung yang dilakukan oleh sekelompok remaja.Hal tersebut telah mengganggu keamanan dan ketertiban umum dan cenderung dapat menimbulkan terjadinya tindak pidana diantaranya tawuran dan tindak kekerasan lainnya.

Menurut Kapolsek, kejadian perang sarung apabila dibiarkan akan menjadi kebiasaan yang tidak baik apalagi dilakukan pada bulan ramadhan, bulan yang suci dan penuh keberkahan.

“Di bulan ramadhan ini hendaknya kita memperbanyak ibadah dan melakukan hal-hal yang positif. Bukan malah melakukan kegiatan-kegiatan yang dapat mengganggu kekhusukan ibadah seperti perang sarung,” tegas Kapolsek.

Dalam menyikapi kejadian ini, lanjut Kapolsek, jajaran kepolisian di Kota Tegal sudah melakukan langkah-langkah antisipasi guna mencegah terjadinya gangguan keamanan dan ketertiban umum terkait perang sarung.

“Salah satu kegiatan yang dilakukan dengan meningkatkan patroli di daerah yang terindikasi rawan sebagai tempat terjadinya perang sarung,”imbuhnya.

Kapolsek juga berharap peran serta dari para orang tua untuk aktif menjaga dan mengawasi anak-anaknya khususnya pada saat selesai sholat teraweh ataupun menjelang sahur, sehingga kejadian perang sarung yang mengganggu ketertiban umum dapat dihindari.

“Saya harap kepada adik-adik jamaah laki-laki masjid Al Fajar, lebih baik dirumah saja dari pada keluar yang tidak jelas kegiatannya, karena kalau sudah terjadi yang ada adalah penyesalan,”pungkasnya.

(Tim)

 255 Pembaca,  3 Hari ini

Tinggalkan Komentar

Close Ads X