Danlantamal IV buka Latihan SAR di Laut TW I TA 2022

Pelopor.Net - 17 Maret 2022 - 12:50 WIB
Danlantamal IV buka Latihan SAR di Laut TW I TA 2022
 (Pelopor.Net)
|
Editor

PELOPOR.net – Tanjungpinang – Komandan Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Lantamal) IV Laksamana Pertama TNI Dwika Tjahja Setiawan, S.H., M.H., M.Tr. Opsla membuka Latihan Operasi Matra Laut Pencarian Dan Pertolongan (SAR) di laut Lantamal IV TW 1 TA 2022 melalui apel khusus bertempat di lapangan Apel Mako Lantamal IV Jl. Yos Sudarso No.1 Tanjungpinang, Kamis (17/03/2022).

Kegiatan ini merupakan Latihan yang bertingkat dan berkelanjutan untuk meningkatkan kemampuan personel TNI AL khususnya Lantamal IV dalam melaksanakan SAR di Laut.

Dalam sambutannya Danlantamal IV menyampaikan “ Kegiatan SAR pada hakekatnya merupakan misi kemanusiaan yang sangat penting mengingat wilayah kerja Lantamal IV di lalui Alur Laut Kepulauan Indonesia I (ALKI I) yang merupakan jalur pelayaran yang sangat padat baik Domestik maupun Internasional sehingga membutuhkan satuan-satuan yang terorganisir dengan kemampuan dan keterampilan yang dapat diandalkan sehingga musibah yang terjadi khususnya di laut dapat segera di tangani secara profesional “ Ujarnya.

Selain itu Danlantamal IV menambahkan bahwa kegiatan ini akan berlanjut dengan pembekalan dan manuver lapangan sehingga personel Latihan akan mengerti akan tugas-tugasnya.

“ Tahap pelaksanaan latihan SAR ini akan di selenggarakan di perairan Tanjungpinang dengan melibatkan unsur-unsur Laut maupun Udara, Tim Kesehatan dan Yonmarhanlan IV TPI , Tahap ini akan di jadikan tolak ukur dalam memahami aturan tentang SAR dan Efektifitas Komando Pengendalian unsur-unsur yang tergabung pada saat melaksanakan Operasi SAR di laut ” pungkas Laksma Dwika.

Danlantamal IV juga mengingatkan perlunya tindakan Purba Jaga yang profesional guna mencegah terjadinya kecelakaan dan kerugian yang tidak kita inginkan baik personel maupun material sehingga Latihan harus dilakukan secara cermat dan benar dalam rangka menuju “ Zero Accident” Serta protokol Kesehatan yang ketat mengingat masih dalam keadaan Pandemi Covid-19.

Kegiatan ini sejalan dengan point ke 7 (Tujuh) Perintah Harian Kepala Staf Angkatan Laut Laksamana TNI Yudo Margono yaitu “ Jaga Kepercayaan Negara dan rakyat kepada TNI Angkatan Laut melalui kerja nyata yang bermanfaat bagi institusi, Masyarakat, Bangsa dan Negara “.

Hadir dalam apel khusus tersebut antara lain Para Pejabat Utama (PJU) Markas Komando (Mako) Lantamal IV dan Kepala Satuan Kerja (Kasatker) Lantamal IV serta prajurit Mako Lantamal IV.

(Ac)

 755 Pembaca,  3 Hari ini

Tinggalkan Komentar

Close Ads X