Danlantamal IV Tanjungpinang Sambut Kunjungan Kerja KASAL dan Ketum Jalasenastri di Negeri Gurindam Dua Belas Tanjungpinang

Pelopor.Net - 26 Februari 2022 - 08:19 WIB
Danlantamal IV Tanjungpinang Sambut Kunjungan Kerja KASAL dan Ketum Jalasenastri di Negeri Gurindam Dua Belas Tanjungpinang
 (Pelopor.Net)
|
Editor

PELOPOR.net – Tanjungpinang – Komandan Lantamal (Danlantamal) IV Tanjungpinang, Laksamana Pertama TNI Dwika Tjahja Setiawan dan istri beserta jajaran menyambut kunjungan kerja KASAL Laksamana TNI Yudo Margono dan Ketua Umum Jalasenastri di negeri Gurindam Dua Belas Tanjung Pinang, Kepulauan Riau, Jumat (25/2/2022).

Dalam menyambut KASAL yang tiba melalui Garbarata Bandara Raja Haji Fisabillilah, turut hadir Panglima Koarmada I Laksamana Muda TNI Arsad Abdullah beserta istri.

Mengawali lawatannya di Tanjung Pinang Kasal berserta rombongan melaksanakan sholat Jumat di Masjiid Hajar Aswad Komplek Lantamal IV Tanjung Pinang dan berlanjut ke Mako Lantamal IV.

KASAL dalam konferensi perss-nya menyampaikan, Lantamal IV Tanjung Pinang sendiri menurut sejarah pada awalnya adalah Komando Daerah Angkatan Laut atau Kodaeral di mana sejumlah fasilitas sudah terpenuhi untuk memenuhi syarat jika dijadikan sebagai Markas Komando Koarmada I.

“Lantamal IV didukung fasilitas gedung, dermaga, bahkan ada pangkalan udaranya untuk patroli maritim udara. Demikian juga personel yang mengawaki Koarmada I cukup memenuhi dari jumlah personel Lantamal IV yang ada sehingga tidak banyak melakukan pergeseran personel,” kata KASAL.

KASAL menambahkan, semua fasilitas dan sarana prasarana yang ada penting untuk menjaga keamanan Selat Malaka, Selat Singapura dan Laut Natuna yang cukup rawan akan tindak kejahatan.

“Sehingga dengan pepindahan Markas Komando ini akan menjadi lebih dekat dengan komando pengendali,” tutur KASAL.

Kedatangan KASAL di Lantamal IV ini disambut dengan jajar kehormatan oleh prajurit serta valreep. Nuansa kebudayaan melayu khas Kepulauan Riau seperti tari Zapin, seni beladiri silat, tepung tawar dan pengalungan bunga simbol ucapan selamat datang kepada tamu agung disuguhkan kepada orang nomor satu di angkatan laut (AL) ini.

Yang unik dari penyabutan ini adalah pertunjukan tari Zapin Gending Jalesveva Jayamahe oleh prajurit Lantamal IV Tanjungpinang. Yang mana Tari tersebut sempat dipopulerkan dalam Festival Zapin Penyengat yang sukses diinisiasi Lantamal IV.

KASAL Laksamana TNI Yudo Margono juga menggelar rapat dengan pimpinan Lantamal IV di Aula Yos Sudarso. Ia mendengar langsung paparan Aslog Kasal dan Komandan Lantamal IV mengenai sarana prasaran yang ada di wilayah Lantamal IV Tanjungpinang.

KASAL juga melihat langsung kesiapan sejumlah sarana prasaran yang ada di jajaran Lantamal IV Tanjungpinang, dalam rangka perpindahan Markas Komando sejumlah organisasi sehubungan dengan validasi organisasi Koarmada RI.

Selanjutnya, Kasal meninjau sejumlah fasilitas huni bagi prajurit seperti halnya Mess perwira Soekarno-Hatta, Rumah Jabatan Ciku Yonmarharlan IV, Komplek TNI AL Dewaruci, dan Komplek TNI AL Rajawali Kampung Jawa.

Kasal juga diagendakan akan meninjau sarana prasarana yang ada di Tanjung Uban Pulau Bintan guna melihat sejauh mana kesiapan TNI AL dalam perpindahan sejumlah organisasi tersebut.

Adapun Ketua umum Jalasenastri Ibu Vero Yudo Margono juga meninjau fasilitas Jalasenastri Korcab IV DJA I di antaranya adalah Galeri Korcab, Taman Olive dan taman Bahari.

“Saya melihat sangat terawat dengan baik hasil budidaya ibu-ibu Jalasenastri Korcab IV DJA I,” papar Ketua Umum Jalasesnastri singkat.

(AD)

 477 Pembaca,  3 Hari ini

Tinggalkan Komentar

Close Ads X