Danrem 071/Wijayakusuma Hadiri Upacara Hari Sumpah Pemuda Ke-94 di Pemkab Banyumas

Pelopor.Net - 28 Oktober 2022 - 15:24 WIB
Danrem 071/Wijayakusuma Hadiri Upacara Hari Sumpah Pemuda Ke-94 di Pemkab Banyumas
 (Pelopor.Net)
|
Editor redaksi

Purwokerto – Pelopor.net – Danrem 071/Wijayakusuma Kolonel Inf Yudha Airlangga, S.E., hadiri Upacara Bendera Hari Sumpah Pemuda Ke-94 di Pendopo Sipanji Pemkab Banyumas, Purwokerto. Jumat (28/10/2022).

Upacara Bendera memperingati Hari Sumpah Pemuda Ke-94 Tahun 2022 tingkat Pemkab Banyumas, bertindak selaku Irup, Bupati Banyumas Ir. Ahmad Husein, dihadiri segenap Forkopimda Banyumas, Ormas, Mahasiswa, Pelajar dan Pramuka.

Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia Zainudin Amali, dalam amanat tertulisnya yang dibacakan Bupati Bunyamas Ir. Ahmad Husein, mengatakan tema yang diambil dalam Peringatan Sumpah Pemuda Ke-94 tersebut yakni Bersatu Bangun Bangsa.

Menurutnya, peringatan hari Sumpah Pemuda adalah upaya kita menghadirkan sejarah masa lalu untuk direnungkan, dipelajari, ditemukan kristalisasi pembelajaran kebaikan untuk dijadikan teladan dan inspirasi penggerak langkah menuju visi bangsa yang besar.

“Sumpah Pemuda 28 Oktober 1928 memberikan pelajaran kepada kita bagaimana menyikapi perbedaan sikap primordial, suku, agama, ras dan kultur serta berbagai kepentingan menjadi kekuatan, bukan sebagai faktor yang melemahkan”, jelasnya.

Diterangkan, sejarah telah menjelaskan bahwa pilihan pemuda waktu itu telah menjadi tonggak kuat menuju kemerdekaan. “Peran pemuda dalam memelopori membangun visi kebangsaan dengan Sumpah Pemuda 1928 yang diikuti pergerakannya telah mengantarkan kepada Proklamasi Kemerdekaan Indonesia, peran pemuda telah tercatat dengan tinta emas sepanjang masa”, paparnya.

Menpora menegaskan, tema Bersatu Bangun Bangsa mempunyai pesan mendalam bahwa bersatu padu adalah harga mati yang harus dikuatkan untuk membangun ketangguhan. Dengan ketangguhan dan persatuan menjadi kekuatan untuk melakukan pembangunan peradaban yang unggul sebagai eksistensi bangsa Indonesia.

“Bulatkan tekad untuk meneruskan perjuangan kemerdekaan mewujudkan cita-cita pada saat ini dan sepanjang masa serta Semangat untuk selalu bersungguh-sungguh membangun Indonesia yang merdeka, berdaulat, bersatu, adil dan makmur secara dinamis sesuai konteks lingkungan strategis yang selalu berubah”.tegasnya

Pemuda adalah tokoh-tokoh yang akan berperan pada masa yang akan datang. Apa yang dilakukan oleh pemuda di masa sekarang juga menjadi penentu kemajuan bangsa Indonesia di masa yang akan datang. Mandat pemuda saat ini adalah menjadikan nilai-nilai persatuan di atas segala-galanya

Memandang keberagaman sebagai anugerah yang berharga untuk dirangkai menjadi kekuatan yang luar biasa menggapai kejayaan Indonesia.

Pemuda Indonesia bukan hanya menjadi pelaku penting membangun ketangguhan bangsa dalam mewujudkan visi besar Indonesia Emas 2045, tetapi juga menjadi tulang punggung untuk kejayaan bangsa sepanjang masa.

Pembentukan ketangguhan bangsa melalui pembentukan karakter mulia dan pengembangan kompetensi dalam berbagai ranah keahlian dan dipadukan dengan senantiasa mengasah kreativitas dan inovasi adalah pekerjaan utama yang tidak boleh diabaikan oleh para pemuda Indonesia.

Danrem 071/Wijayakusuma Kolonel Inf Yudha Airlangga, S.E., mengataka “kita sebagai penerus perjuangan harus dapat meneruskan cita-cita perjuangan para pemuda untuk mengisi kemerdekaan hasil jerih payah tokoh pemuda bangsa kita. Dengan upaya pemberdayaan dan pengembangan pemuda menjadi kreatif, inovatif, kolaboratif dan mandiri serta berkarakter mulia, agar pemuda dapat menghadapi situasi dan kondisi bangsa baik itu ancaman dari dalam maupun luar yang dapat memecah belah bangsa, pemuda bangsa juga harus mampu mencapai prestasi tinggi untuk kemajuan bangsa dan negara”, paparnya.

Danrem juga mengajak segenap komponen dan elemen bangsa yang ada khususnya diwilayah jajaran Korem 071/Wijayakusuma untuk menghimpun kekuatan dan semangat untuk bersatu padu, bersinergi dan bergotong royong bergerak bersama, mendorong pemuda Indonesia untuk mengembangkan potensi pemuda yang ada di wilayah, demi kemajuan dan kejayaan bangsa sepanjang masa.

“Mari kita bersama-sama mengambil hikmah Peringatan Hari Sumpah Pemuda yang Ke-94 ini, sebagai momentum untuk meningkatkan semangat kita bersatu padu, bersinergi dan bergotong royong bersama membangun bangsa dan memperkokoh rasa persatuan dan kesatuan guna tetap tegak kokohnya NKRI yang kita cintai bersama”, pungkasnya.

Upacara Bendera memperingati Hari Sumpah Pemuda Ke-94 juga dilaksanakan di Makorem 071/Wijayakusuma Sokaraja, Banyumas. Bertindak selaku Irup, Kasrem 071/Wijayakusuma Letkol Inf Candra, S.E., M.I.Pol., diikuti segenap prajurit dan PNS baik Makorem 071/Wijayakusuma maupun Balak Aju Kodam IV/Diponegoro jajaran Korem 071/Wijayakusuma.

(Pen.Korem 071/Tim)

 568 Pembaca,  3 Hari ini

Tinggalkan Komentar

IKLAN

IKLAN

IKLAN

Close Ads X