Danrem 071/Wijayakusuma Ramaikan Gowes Kerukunan Hari Amal Bhakti Kemenag Ke 77

Pelopor.Net - 11 Desember 2022 - 11:14 WIB
Danrem 071/Wijayakusuma Ramaikan Gowes Kerukunan Hari Amal Bhakti Kemenag Ke 77
 (Pelopor.Net)
|
Editor redaksi

PELOPOR.Net — Banyumas — Dalam rangka Hari Amal Bhakti Kemenag ke 77 Danrem 071/Wijayakusuma turut serta meramaikan Gowes kerukunan dalam rangka tahun toleransi dan hari amal bhakti kemenag ke 77 yang diselenggarakan oleh Kemenag Banyumas berkolaborasi dengan Pemkab Banyumas dan FKUB Kabupaten Banyumas, Sabtu (10/12/2022).

Rangkaian kegiatan Gowes bertajuk Tilik Sedulur Lintas Iman, Beda Ning Rukun, tidak hanya diikuti oleh Forkompinda Banyumas, tetapi juga oleh anggota masyarakat sekitar kabupaten Banyumas penghoby gowes. Kegiatan yang berangkat dari titik start di halaman pendopo sipanji Kabupaten Banyumas dilepas oleh Wakil Bupati Banyumas Drs. H. Sadewo Tri Lastiono, M.M dengan melalui route Alun-alun Purwokerto-Jl. Jend. Gatot Subroto-Jl. Gereja (Gereja Katredal Krisyus Raja Purwokerto)-Jl. Dr. Angka-Jl. A.Yani-Jl. Letjen Pol.Soemarto-Pura Awatara SPN Purwokerto-Jl.Suparto-Pertigaan Tugu Batu-Jl.Moh.Basar-Wisma SUBUD-Pertigaan Pabuaran-Jl.Prof.Dr.Bunyamin-Perempatan Hotel Aston-Gor Satria Purwokerto-Jl.Dr.Suprapto-Perempatan Jl. Kaliputih-Jl.Martadireja I-Vihara Buddha Dipa Purwokerto-Jl.Martadireja I-Gereja Kristen Karunia Indonesia (GKKI) Purwokerto-Jl.Martadireja I-Jl. MT.Haryono-Jl.Vihara-Klenteng Hok Tek Bo Purwokerto-Jl.MT.Haryono-Jl. Jen Sudirman-Jl.DI.Panjaiatan-KantorKemenag Banyumas-Masjid Al Ikhlas-Kantor Sekretariat FKUB Banyumas.

Selain berolahraga menyusuri route jalan seputaran Purwokerto, para peserta juga membagikan bunga sebanyak 77 buah sesuai dengan Hari Amal Bakti Kemenag ke 77 kepada warga dibeberapa titik yang dilintasi dan juga mengunjungi beberapa tempat ibadah yang telah ditentukan dari berbagai agama, baik Islam, Kristen, Hindu, Buddha maupun Khonghucu sepanjang route yang dilalui selama perjalanan.

Menurut Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Banyumas H. Aziz Muslim, bahwa kegiatan Gowes Kerukunan beragama yang dilaksanakan, disamping kegiatan olahraga juga merupakan kegiatan dalam rangka menggelorakan semangat kebersamaan dan semangat kerukunan antar umat beragama.

“Gowes Kerukunan beragama juga dalam rangka untuk menggelorakan semangat kebersamaan, dan semangat kerukunan. Untuk rute kita mencari yang strategis yang bisa mempresentasikan keterwakilan di tempat-tempat ibadah sebagai simbol kerukunan dan kebersamaan,” terangnya.

Dalam kesempatan yang sama, Danrem 071/Wijayakusuma Kolonel Inf Yudha Airlangga, S.E., juga mengatakan bahwa kegiatan olahraga bersama ini khususnya gowes atau sepeda santai bersama segenap komponen dan elemen masyarakat diwilayah, sangat penting dilaksanakan, selain sebagai sarana olahraga juga sebagai wahana mempererat dan memperkokoh sinergitas, soliditas dan kebersamaan dalam rangka memperkuat kondusifitas wilayah yang semakin mantap.

“Gowes Kerukunan umat beragama ini, mungkin didaerah atau wilayah lain tidak ada, namun di Banyumas ini yang sudah erat kerukunan umat beragamanya, sangat penting untuk terus dilakukan guna untuk semakin kokoh dan eratnya kerukunan antar umat beragamanya”, paparnya.

“Saya sangat apresiasi, menyambut dan mendukung penuh terselenggaranya kegiatan ini. Inilah bentuk keragaman diwilayah menguatkan kebhineka tunggal ika-an dengan kerukunan umat beragamanya”, terangnya.

Danrem berharap dengan kegiatan ini, toleransi antar umat beragama di Kabupaten Banyumas semakin baik dan kokoh, dan dapat menjadi contoh bagi wilayah lain khususnya di wilayah jajaran Korem 071/Wijayakusuma.

(Edy)

 504 Pembaca,  3 Hari ini

Tinggalkan Komentar

IKLAN

IKLAN

IKLAN

Close Ads X