Desa Kedungkebo Pekalongan, BUMDes gadang unit usaha Pertades dapat tingkatkan income desa

  • Bagikan
Lokasi SPBU PERTADES Desa Kedungkebo.

PELOPOR.net, Pekalongan – Lahirnya BUMDes adalah sebagai upaya untuk memandirikan Desa, agar Desa bisa meningkatkan PAD (Pendapatan Asli Desa ) melalui usaha-usaha yang bisa dikembangkan oleh BUMDes.
Desa kedungkebo Kecamatan Karangdadap, segera membuka secara resmi aktifitas SPBU PEETADES yang akan dikelola BUMDes

” Setelah dilakukan pengujian kelayaan ukuran satuan liter, dengan uji tera oleh UPT Meteriologi, maka selanjutnya SPBU PERTADES Desa Kedungkebo dibuka difungsikan untuk pendistribusian BBM ” Kata kades Kedungkebo, Irawan

Menurut kades Irawan, bahwa rintisan mendirikan PERTADES ini dimulai sejak dua tahun yang lalu, dirancang tahun kemarin dan direalisasikan pada tahun ini. Katanya

Lanjutnya, keberadaan SPBU desa dalam pengelolaannya diperlukan
sinergitas antar lembaga desa ditopang dengan legalitas perusahaan yang legal mengerjasamakan dalam mendistribusikan BBM. Sehingga Pertades ini bisa di kelola dengan baik dan profesional secara keseluruhan, mulai dari proses sosialisasi, tahapan pembangunan unit, sampai dengan operasionalisasi SPBU PERTADES.

Dan hari ini, Pertades desa kedungkebo dibuka untuk umum, dan layak untuk usaha perdagangan pendistribusian BBM.

Di tempat terpisah, kepala UPT Meteriologi Disperindagkop dan UMKM kabupaten Pekalongan, Eko Prasetyo menyampaikan keterangannya, bahwa Pertades desa kedungkebo sudah layak pakai, karena telah melalui pengujian tera. Oleh karenanya kita patut bersyukur dengan terbangunnya unit usaha ini. Dengan demikian masyarakat desa sekitar sudah tidak jauh untuk mendapatkan BBM kendaraan bermotornya.
Ditambahkannya, dengan keberhasilan usaha perdagangan ditingkat desa ini, semoga desa kedungkebo dapat meningkatkan PAD dan secara otomatis menuju desa yang maju.

(phy-n)

 231 Pembaca,  3 Hari ini

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *