Diduga Menyelewengkan BBM Bersubsidi Sopir Truk Diamankan Sat Reskrim Polres Lubuklinggau

Pelopor.Net - 4 Desember 2022 - 13:04 WIB
Diduga Menyelewengkan BBM Bersubsidi Sopir Truk Diamankan Sat Reskrim Polres Lubuklinggau
 (Pelopor.Net)
|
Editor redaksi

PELOPOR net-Lubuk linggau Seorang sopir truk di Kota Lubuklinggau diduga menyelewengkan Bahan Bakar Minyak (BBM) Subsidi jenis solar.

Modusnya dengan cara antre berulang kali di SPBU Megang Jalan Ahmad Yani Kelurahan Megang Kecamatan Lubuklinggau Utara II, Kota Lubuklinggau

Tersangkanya Mustopa (55) sopir warga Jalan Jambi KM 7 RT 01 Kelurahan Belalau I Kecamatan Lubuklinggau Utara I, Kota Lubuklinggau, Provinsi Sumatera Selatan.

Terduga pelaku ditangkap Tim Satgas Imbangan Ops Gakkum Illegal Drilling dan Penyalahgunaan BBM Bersubsidi, Jumat 2 Desember 2022.

Kronologis pengungkapan kasus bermula Polres Lubuklinggau mendapat informasi adanya penyalahgunaan dan pembelian BBM subsidi Jenis Bio Solar secara berulang kali.

Jumat 2 Desember 2022 Kasat Reskrim Polres Lubuklinggau AKP Robi Sugara bersama Kanit Pidsus Ipda Sumardi Candra turun ke lapangan melakukan penyelidikan dengan cara Survailance, Observasi serta mobile.

Sekitar pukul 17.00 WIB petugas datang ke lokasi di Jalan Ahmad Yani Kelurahan Megang Kecamatan Lubuklinggau Utara II, Kota Lubuklinggau.

Saat berada di Tempat Kejadian Perkara (TKP) petugas menemukan satu unit mobil Mitsubishi PS 100 warna Kuning dengan Nopol BG-8760-G.

“Mobil tersebut berdasarkan hasil penyelidikan sering membawa, mengangkut dan menjual BBM jenis Solar Bersubsidi,” ungkap Kapolres Lubuklinggau AKBP Harissandi melalui Kasat Reskrim AKP Robi Sugara, Minggu, 4 Desember 2022.

Usai melakukan pengisian BBM subsidi dari SPBU Megang petugas langsung menghentikan kendaraan tersebut.

Saat dilakukan pemeriksaan kelengkapan surat-surat kendaraan dan kondisi mobil ternyata benar kendaraan tersebut telah dua kali melakukan pengisian BBM.

Menurut Robi BBM jenis Bio Solar yang dibeli tersangka sudah dijual kepada Yosef Afrizal 80 liter dengan harga Rp. 750.000.

Sedangkan yang kedua masih berada di tangan terduga pelaku Mustopa 100 liter dalam tangki dan 3 buah jeriken berisikan BBM Jenis Bio Solar dengan total sebanyak 100 liter.

Guna kepentingan penyidikan tersangka barang bukti diamankan ke Polres Lubuklinggau.

Dalam kasus ini polisi mengamankan barang bukti satu unit Mobil Mitsubishi PS 100 warna Kuning dengan Nopol BG-8760-G berisi 100 liter BBM Jenis Bio Solar dalam tangki.
Lalu tiga Buah jeriken warna putih berisi total 100 liter.

Hasil pemeriksaan sementara tersangka Mustopa mengaku membeli BBM jenis Bio Solar di SPBU 24.376.57 di Jalan Ahmad Yani Kelurahan Megang Kecamatan Lubuklinggau Utara II.

Modusnya dengan cara antre menggunakan satu Unit mobil Mitsubishi PS 100 warna Kuning dengan Nopol BG-8760-G.

Tersangka juga mengakui telah menjual BBM Jenis Bio Solar dibeli dari SPBU 24.376.57 kepada Yosef Afrizal 80 liter dengan harga Rp. 750.000.

Kemudian saksi Yosef mengakui bahwa benar telah membeli BBM Jenis Bio Solar dari tersangka Mustopa.

Tersangka juga mengaku BBM Jenis Bio Solar tersebut dibeli dengan harga Rp. 6.800 per liter dan dijual kembali dengan harga Rp. 9.375.

“BBM Jenis Bio Solar yang dibeli oleh tersangka Mustopa yang kedua kalinya rencananya akan dijual kepada Dodi pemilik dari Orgen Tunggal DONA yang akan digunakan oleh Dodi untuk mesin Genset Orgen Tunggal Dona miliknya,” terang Robi. (Af)

 510 Pembaca,  3 Hari ini

Tinggalkan Komentar

IKLAN

IKLAN

IKLAN

Close Ads X