Dinas Dikbud Sidoarjo Gelar Seminar dan Pameran Pendidikan “Sidoarjo Creative Student Expo”

Pelopor.Net - 15 November 2022 - 19:33 WIB
Dinas Dikbud Sidoarjo Gelar Seminar dan Pameran Pendidikan “Sidoarjo Creative Student Expo”
 (Pelopor.Net)
|
Editor redaksi

PELOPOR.net – Sidoarjo – Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Sidoarjo Melaksanakan kegiatan Seminar dan Pameran Pendidikan bertema “Sidoarjo Creative Student Expo”, Acara di selenggarakan pada Selasa (15/11/2022), mulai pukul 08.00 Wib, berada di The Sun Hotel Sidoarjo, jalan Pahlawan nomor 1, Sidoarjo.

Dengan rangkaian kegiatan, registrasi peserta seminar, Persiapan pameran, Pembukaan, Menyanyikan Lagu Wajib Indonesia Raya, Laporan Kepala Dinas Dikbud, Do’a, Penutup. Dilanjutkan dengan Pemaparan materi pertama kebijakan Pemerintah Kabupaten Sidoarjo dalam mendukung implementasi kurikulum merdeka oleh Bupati Sidoarjo Ahmad Muhdlor Ali, moderator Kepala Dinas Dikbud.

Materi kedua serentak wujudkan merdeka belajar, oleh Dirjen PAUD, Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah Kemdikbudristek Moderator Kepala Dinas Dikbud.
launching Aplikasi Sidoarjo Bergerak dan Penuh Inovatif untuk Merdeka Belajar (SIBERPIJAR), Penutupan, Peninjauan ke Venue pameran.

Tampak hadir, Bupati Sidoarjo Ahmad Muhdlor Ali, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Sidoarjo Tirto Adi, Kepala BSKP Kemdikbudristek Anindito Aditomo, Ketua Panitia Netilina Ningsih, Anggota Musyawarah Kerja Kepala Sekolah SMPN Se Sidoarjo, Kepala Sekolah SD, SMP, SMA, SMK Swasta Se Sidoarjo, Para Guru, Lembaga Pendidikan, Dirjen PAUD. Sekitar 777 tamu undangan diantaranya IGTKI, HIMPAUDI, SDN, SDS, SMPN, SMPS, MADRASAH.

Ketua Panitia juga Kepala Bidang Pendidikan dan Kebudayaan Sidoarjo Netilina Ningsih menerangkan “Dalam rangka memperingati hari buku Nasional, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Sidoarjo mengadakan acara Seminar dan Pameran Pendidikan, Sidoarjo Creative Student Expo.

Kegiatan ini dibagi dua yang pertama diadakan Seminar pada hari ini, Pameran Pendidikan dilaksanakan pada tanggal 14 – 22 November 2022, di Atrium City Mall, kegiatan ini kami lakukan untuk memberikan edukasi pada semua insan Pendidikan, mulai dari Penilik, Pengawas, Kepala Sekolah, Guru, Murid, baik dari PAUD, SD, SMP, Mts, MA, SMA, dan SMK.

Selain itu kami juga memberikan kesempatan unjuk karya dari hasil implementasi buku merdeka khususnya untuk penguatan belajar. Hal ini merupakan upaya Dinas Pendidikan Sidoarjo untuk meningkatkan Pendidikan yang ada di kabupaten Sidoarjo. Dan yang utama adalah meningkatkan karakter didik di Sidoarjo ” tegasnya.

Selain kegiatan Seminar dalam hal ini, Bupati Sidoarjo dan Kepala Dinas Pendidikan mengapresiasi acara memberikan penghargaan serta cinderamata prestasi dari beberapa sekolah memajukan dunia pendidikan dalam berbagai karya, seperti penghargaan di berikan untuk salah satu sekolah yaitu, SMPN 2 dan SMPN 4 Sidoarjo diberikan langsung kepada kepala sekolah Lilis Setyowati dan Amelia , dalam konten terbanyak kategori bidang Pendidikan.

Dalam sambutan nya, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Sidoarjo Tirto Adi menjelaskan “Seminar dan Pameran Pendidikan mulai dari sekolah PAUD hingga SMK, bawah sekolah yang melaksanakan kurikulum merdeka untuk Kabupaten Sidoarjo, tahun ajaran 2022 – 2023 ada 120 lembaga, jenjang SD ada 570 lembaga, dengan prosentase 98%, jenjang SMP 177 lembaga dengan prosentase 95%, pelaksanaan pembelajaran Ko Kulikuler untuk penguatan proyek profil Pelajar Pancasila, dengan tema yang di sesuaikan dengan jenjang pendidikan masing masing.

Pemanfaatan Plafon merdeka belajar, jenjang PAUD 90,6% , jenjang SD 99,6%, jenjang SMP 98,3%, Dan hari ini di Louching Aplikasi Sidoarjo Bergerak dan Penuh Inovatif untuk Merdeka Belajar (SIBERPIJAR), yang memberikan penghormatan kepada Guru untuk belajar dan berbagi terkait perangkat pembelajaran , media pembelajaran, dan berbagi praktek lain berdasarkan kearifan lokal dan potensi guru di kabupaten Sidoarjo ” tandasnya.

Antusias peserta dari dunia pendidikan untuk ikut acara Seminar dan Pameran Pendidikan patut di acungi jempol, ruang Hall The Sun Hotel terpenuhi ratusan tamu undangan dan panitia memadati ruangan.

Dalam hal ini tujuan Seminar Pendidikan adalah menyampaikan ilmu pengetahuan, pendapat, motivasi, atau inovasi kepada peserta seminar. Selain itu, menyampaikan aspirasi dan ide kepada peserta seminar sehingga informasi tersebut bisa tersebar kepada khalayak yang lebih luas, peserta bisa mengaplikasikan ilmu atau wawasan tersebut dalam rutinitas sebagai tenaga pendidik.

 

(Madi/S)

 594 Pembaca,  3 Hari ini

Tinggalkan Komentar

IKLAN

IKLAN

IKLAN

Close Ads X