Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Pasuruan Menampikan Tari Pasuruan Gumuyu Dalam Pencanangan Rumah Restorative Juctice

Pelopor.Net - 4 April 2022 - 16:23 WIB
Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Pasuruan Menampikan Tari Pasuruan Gumuyu Dalam Pencanangan Rumah Restorative Juctice
 (Pelopor.Net)
|
Editor

PELOPOR.net – PASURUAN – Kepala Kejaksaan Tinggi Jawa Timur, Mia Amiati meresmikan Rumah Restorative Justice SAKERA GUMUYU. Selain dihadiri oleh Bupati Pasuruan, turut hadir dalam agenda yang digelar di Kantor Desa Karangjati, Rabu (30/3/2022). Turut Hadir dalam acara Kepala Kejaksaan Negeri Kabupaten Pasuruan, Ramdhanu Dwiyantoro. Berikut Kapolres Pasuruan, AKBP Erick Frendriz; Dandim 0819 Pasuruan, Letkol Inf Nyarman dan Ketua Pengadilan Negeri Bangil.

Dalam sambutannya, Kajati Jawa Timur berharap, Rumah Restorative Justice SAKERA GUMUYU bisa menjadi pembeda di ranah hukum di Indonesia yang langsung bisa diterapkan. Tentunya dengan beberapa persyaratan. Utamanya, jika semisal ada tindak pidana, pelaku yang menjadi tersangkanya baru pertama kali berurusan dengan hukum. Pastinya juga bukan seorang residivis. Pungkasnya.

Menurut Kepala Daerah Kabupaten Pasuruan Gus.Irsyad Yusuf Mengatakan.bahwa Pihaknya menyambut gembira atas, keberadaan Kampung Restorative Justice yang baru saja diresmikan di Kantor Desa Karangjati, Kecamatan Pandaan diharapkan mampu mewujudkan kepastian hukum. Berikut mewujudkan keadilan dan kebenaran berdasarkan hukum serta mengindahkan norma keagamaan, kesopanan dan kesusilaan.

“Kami, baik saya selaku pribadi maupun atas nama Pemerintah Kabupaten Pasuruan menyampaikan ucapan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada Ibu Kepala Kejaksaan Tinggi Jatim atas dipercayanya Desa Karangjati sebagai Kampung Restiorative Justice SAKERA GUMUYU (Santun, Keadilan, Merakyat, Guyub, Rukun, Bersatu Padu). Sudah tentu kami sangat mendukung ide dan gagasan yang sangat cemerlang terkait Program Pembentukan Kampung Restorative Justice tersebut,” ujarnya.

Di sisi lain, Kepala Daerah juga berharap, program Kampung Restorative Justice dapat menyelesaikan permasalahan hukum di wilayah Kabupaten Pasuruan. Sehingga kampung tersebut diharapkan menjadi pelopor dalam penyelesaian perkara tindak pidana secara kekeluargaan dengan melibatkan pelaku, korban, keluarga pelaku dan korban. Juga semua pihak yang berkaitan untuk sama-sama mencari penyelesaian masalah yang adil dengan menekankan pemulihan kembali ke keadaan semula.

Kami memandang tujuan program kampung Restorative Justice ini sangat positif dalam hal pembaharuan hukum pidana yang mendunia, mewujudkan kepastian hukum, kemanfaatan hukum itu sendiri, dan mengasah kearifan lokal dengan menghidupkan kembali budaya ketimuran yang penuh kekeluargaan dan pemaaf.

“Semoga dengan diresmikannya Kampung Restorative Justice SAKERA GUMUYU di Desa Karangjati ini bisa membawa kemajuan dan perbaikan di bidang penegakan hukum di wilayah Kabupaten Pasuruan. Sehingga tujuan untuk mewujudkan masyarakat yang cerdas, adil, makmur dan sejahtera segera tercapai,” ucap Bupati di sela-sela kegiatan peresmian.

Disela acara Dinas pendidikan dan kebudayaan ikut memeriahkan dengan menampilkan tari Pasuruan Gumuyu. Tarian indah dan rampak yang peragakan oleh tiga penari diantara nya Chika Efrista Anggelia Syaputri dari SDN Tawangreji 1, Alifia Tiar Fatimah dari SDN Karangrejo 2 dan Shakila Haura Khanza dari SDN Karangjati 3. (Ust)

(R.Hamzah)

 381 Pembaca,  3 Hari ini

Tinggalkan Komentar

Close Ads X