Dindagkop-UKM Peduli Operasi Pasar Siapkan 34 Ribu Liter Minyak Goreng

Pelopor.Net - 4 Maret 2022 - 12:30 WIB
Dindagkop-UKM Peduli Operasi Pasar Siapkan 34 Ribu Liter Minyak Goreng
 (Pelopor.Net)
|
Editor

PELOPOR.net – Pekalongan – Melalui Dinas Perdagangan, Koperasi dan UKM (Dindagkop-UKM) kembali menggelar operasi pasar murah untuk membantu stabilisasi harga Kebutuhan Pokok Masyarakat (Kepokmas). Kali ini, operasi pasar bekerjasama dengan Bulog dan Distributor Minyak Goreng yang menyasar di lima titik, Rabu ( 2/3/2022).
Dalam gelaran operasi pasar tersebut disiapkan setidaknya 34 ribu liter minyak goreng dan 1 ton beras. Pelaksanaan operasi pasar tersebut selalu diburu oleh warga, seperti salah satunya di Kantor Kecamatan Pekalongan Utara.

Kepala Dindagkop UKM Kota Pekalongan, Budiyanto melalui Kabid Perdagangan setempat, Junaenah menjelaskan, untuk di titik pertama berada pada Kantor Kecamatan Pekalongan Utara, dimana stok yang disiapkan adalah 2 ribu liter minyak goreng dan 1 ton beras dengan harga Rp 14 ribu untuk minyak per liter dan Rp 22 ribu untuk 2,5 kilogram beras.

“Hari ini kami ada di 5 titik, selain di Kecamatan Pekalongan Utara, 4 titik lain yakni di Kelurahan Tirto , Pringrejo, Jenggot dan Kuripan Kertoharjo, disiapkan masing-masing 8 ribu liter minyak goreng,” ucap Junaenah.

Menurut Junaenah, di titik Kecamatan Pekalongan Utara, selain minyak goreng juga disediakan operasi pasar murah untuk beras yang bekerjasama dengan Bulog Kancab Pekalongan. Sedangkan untuk 4 titik di kelurahan lainnya hanya tersedia operasi pasar minyak goreng murah bekerjasama dengan CV Sugih Abadi Makmur, salah satu distributor minyak goreng di Kota Pekalongan. Pihaknya menjelaskan, digelarnya kembali operasi pasar murah untuk warga karena melihat kondisi sekarang untuk minyak goreng masih sulit diperoleh masyarakat bahkan tidak sedikit harganya masih mahal.

Lanjutnya, rencana pasar murah seperti ini masih diagendakan kembali, dimana untuk di minggu pertama Bulan Maret 2022 ini operasi pasar dijadwalkan di 8 titik pada tanggal 2 dan 4 Maret 2022. 8 titik tersebut yakni di Kelurahan Tirto , Pringrejo, Kuripan dan Jenggot pada 2 Maret 2022 dan Kelurahan Kauman, Poncol,Krapyak serta Panjang Wetan pada 4 Maret 2022.

“Dengan terus dilakukan operasi pasar murah khususnya untuk minyak goreng itu agar stok minyak goreng bisa merata dan masyarakat mendapatkan harga yang sesuai HET. Pada pekan depan gelaran operasi pasar rencananya akan kembali dilakukan setelah kami memastikan ketersediaan stok pada distributor terkait,” tegasnya.

Sementara itu, Sekretaris Kecamatan Pekalongan Utara, Trieska Hermawan mengungkapkan, untuk mencegah kerumunan dan berdesakan, mobil stok operasi pasar disiapkan di Halaman kantor, sementara warga yang antre berada di depan gerbang kantor , dimana mereka akan dipanggil satu persatu oleh petugas.

“Selain untuk menekankan ketertiban warga, hal tersebut juga diatur mengenai protokol kesehatan yakni mereka yang akan masuk ke halaman kantor kecamatan untuk berbelanja harus bermasker, menjaga jarak agar masyarakat yang datang tidak berdesakan sehingga mencegah penularan pandemi Covid-19,” pungkasnya.

Kominfo/Tim

 429 Pembaca,  3 Hari ini

Tinggalkan Komentar

Close Ads X