Ditreskrimsus Polda Jatim Ringkus Pelaku Penjual BBM dan LPG Subsidi

Pelopor.Net - 19 April 2022 - 14:24 WIB
Ditreskrimsus Polda Jatim Ringkus Pelaku Penjual BBM dan LPG Subsidi
 (Pelopor.Net)
|
Editor

PELOPOR.net – JAWA TIMUR – Sorotan terkait kelangkaan serta kenaikan harga BBM menjelang hari Raya Idhul Fitri dan Mudik Lebaran 2022 menjadi perhatian berbagai pihak. Jelas indikasinya akan menghambat arus pemudik, karena pemerintah telah berikan ijin, sebabnya dua tahun sudah berlangsungnya pandemi covid19.

Sesuai instruksi pimpinan, maka pihak Unit II Subdit IV Tipidter Ditreskrimsus Polda Jawa Timur melakukan penangkapan terhadap pelaku pencurian Bahan Bakar Minyak (BBM) maupun Gas Elpiji ukuran 3 Kg (Subsidi Pemerintah) dan sampai ukuran 12 Kg (Non Subsidi) di wilayah Grati, Pasuruan hingga di wilayah Jombang untuk (LPG) tersebut.

Dalam hal ini, Direktur Reserse Kriminal Khusus (Dirreskrimsus) Polda Jatim Kombes Pol Farman menjelaskan, bahwa para pelaku ini melakukan Tindak Pidana dan Gas Bumi, yaitu membeli BBM Bio Solar yang ber-Subsidi Pemerintah tersebut dengan cara mengalihkan Penampungan atau Tangki yang telah di Modifikasi yang disalurkan ke dalam kendaraan Pick Up.

“Jadi didalam Pick Up tersebut sudah dipasangan Bull Kapasitas 1.200 Liter. Setiap kali pengisian sebanyak 100 Liter di isi berkali-kali hingga penuh (Full) terisi. Beli di SPBU Seharga Rp. 5.150 / Liter dikumpulkan dan dipindahkan ke Truk Tangki Pertamina untuk dikirim Industri,” tutur Kombes Pol Farman, Selasa (19/04/2022).

Petugas berhasil menangkap dan mengamankan 1 (Satu) Unit Truk Tangki Pertamina (Patra Niaga) serta 4 (Empat) Unit kendaraan Truk Pick Up yang di modifikasi. Wakil Direktur Reserse Kriminal Khusus (Wadirreskrimsus) Polda Jawa Timur Zulham Efendi juga menambahkan, bahwa kini kami masih melakukan pengembangan dan memburu para pelaku-pelaku penimbunan BBM maupun Gas Elpiji di wilayah Jawa Timur.

“Untuk mengantisipasi kelangkaan BBM dan Gas Elpigi menjelang hari Raya Idul Fitri atau Lebaran, maka kami Ditreskrimsus langsung melakukan penindakan,” tegas Wadirreskrimsus Polda Jawa Timur AKBP Zulham Efendi.

Untuk para tersangka pemindahan Tabung Gas LPG dari Subsidi ke Non Subsidi yang telah diamankan tersebut sebanyak 7 (Tujuh) orang tersangka diantaranya, P, AJH, RH, OHSH, Y, H dan RT. Sedangkan para tersangka, terkait pencurian BBM yang dijual kepada Industri sebanyak 6 (Enam) orang diantaranya NF, MR, E, GA, NPF dan R.

(BERTUS).

 327 Pembaca,  3 Hari ini

Tinggalkan Komentar

Close Ads X