DPC HKTI Trenggalek Gandeng PT. Tri Mukti Tanggulangi Kelangkaan Pupuk di Indonesia

Pelopor.Net - 13 Januari 2022 - 19:16 WIB
DPC HKTI Trenggalek Gandeng PT. Tri Mukti Tanggulangi Kelangkaan Pupuk di Indonesia
 (Pelopor.Net)
|
Editor

PELOPOR.net – Trenggalek – (12/01/2022) Dukungan Go organik semakin nyata di lakukan oleh Ketua Dpc HKTI ( Himpunan Kerukunan Tani Indonesia) Trenggalek . Baru saja di lantik Tanggal 8 Januari 2022 kemarin, kegiatan demi kegiatan semakin nyata di tunjukkan olehnya. Beberapa faktor yang menjadikan Sugito datang ke Semin Yogyakarta ini merupakan kunjungan untuk mengenalkan ke pengurus HKTI Trenggalek untuk berperan aktif mengetahui bagaimana proses pembuatan pupuk di Gunungkidul.

Menurut Sugito Langkah ini merupakan kerjasama dengan PT. Tri Mukti dalam hal kebutuhan pangan serta kebutuhan pupuk di wilayah nya.

” Semakin hari keluh kesah petani mengenai kelangkaan pupuk dan mahalnya harga pupuk Non subsidi di kalangan masyarakat,” Imbuhnya.

Dari beberapa demplot yang sudah kami lakukan di 14 kecamatan wilayah Trenggalek ternyata begitu bagus, masyarakat antusias untuk menggunakan produk pupuk yang di kelola oleh PT . Tri Mukti.

“Selain pengguna, kami juga ingin mengetahui apa saja bahan yang di gunakan , sehingga nanti pengurus HKTI bisa menjelaskan ke masyarakat bahwa pupuk ini bisa bersaing dengan pupuk kimia yang lain,  Iya walaupun tidak seratus persen, tapi setidaknya bisa mengurangi pemakaian pupuk kimia yang berlebihan dengan progres 50 persen” pungkas Sugito.

Dari hasil pengamatan Pengurus HKTI yang sudah terjun ke lapangan, ternyata banyak sekali lahan di Trenggalek yang sangat masam dan ketika di tanami Padi setelah satu minggu padi petani mati dan perlu di tanami padi baru . Seperti contoh lahan di wilayah Ngadirejo kecamatan Pogalan, setelah memakai Pupuk Guano, padi mereka tumbuh subur. Makanya kami menganjurkan agar para petani bisa mengurangi pemakaian kimia yang berlebihan.

Ini untuk jangka panjang serta regenerasi selanjutnya. Intinya “sesuai arahan Mentri Pertanian bahwa sedikit demi sedikit kita akan mengajak petani untuk pindah ke organik”.

Dalam kesempatan ini, team HKTI Trenggalek di sambut oleh Drs. Sumiantoro selaku Formulator pupuk Guano Nutri Plus dan juga di dampingi oleh Didik selaku Kepala Desa Semin, Gunungkidul, Yogyakarta. Mereka menyambut baik kedatangan Perwakilan Pengurus HKTI Trenggalek yang berkunjung ke pabrik di wilayahnya.

” Harapan Sugito untuk jangka ke depan bisa bekerjasama dengan Perusahaan untuk membantu para petani di Trenggalek agar tidak kesulitan pupuk”. Ketika nanti sudah berjalan kerjasama ini , Sugito ingin petani tidak lagi susah ketika menjelang masa tanam dan bisa terus mendapatkan hasil yang maksimal ketika panen.

Sugito menjelaskan program HKTI di Trenggalek bukan hanya menyediakan produk, tapi juga akan ikut serta menanggulangi permasalahan harga yg di risaukan oleh banyak kalangan masyarakat, dengan cara membuka peluang bagi semua perusahaan yang ingin bekerjasama untuk kemajuan petani di Trenggalek. (Red)

 1,914 Pembaca,  3 Hari ini

Tinggalkan Komentar

Close Ads X