DPD LSM LIRA Soroti BUMDes Sembung Kecamatan Sukorame

Pelopor.Net - 20 September 2022 - 22:20 WIB
DPD LSM LIRA Soroti BUMDes Sembung Kecamatan Sukorame
 (Pelopor.Net)
|
Editor

PELOPOR.net – Lamongan – Anggaran Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) di Desa Sembung, Kecamatan Sukorame, Kabupaten Lamongan, yang jumlahnya puluhan juta rupiah, hingga kini tidak jelas juntrungannya. Sehingga diduga kuat diselewengkan dengan penggunaan dana tersebut.

Pasalnya, hingga saat ini belum menerima laporan dari pengurus Bumdes kaitan pengelolaan dana maupun bidang usaha yang dijalaninya.

” Ya saya jawab apa adanya, Karena memang sebelumnya memang tidak mengetahui secara persis persoalan anggaran bumdes tersebut, karena saya baru menjabat sebulan sebagai Kepala Desa, sehingga penggunaan bumdes saya kurang tahu,” kata Gatot Kades Sembung saat dikonfirmasi Media Pelopor.net, di Balai Desa Setempat, Selasa (20/09/2022).

Seperti yang dikatakan oleh salah satu warga setempat kepada media ini, bahwa ketidakjelasan tersebut, dikarenakan tidak adanya laporan pertanggungjawaban penggunaan dana Bumdes.

” Tentunya kami selaku warga ingin mempertanyakan anggaran tersebut. Karena sampai saat ini, laporan pertanggungjawaban kegiatan dan anggaran Bumdes tidak ada,” ungkapnya.

Warga tersebut juga mengatakan bahwa, jajaran pengurus Bumdes ini terkesan menutup-nutupi. Sebab, sepengatahuan terkait pengurusan BUMDES sudah terbentuk, tetapi kegiatan atau program bumdes ini tidak ada.

“Ya jelas lah kita patut mempertanyakan, Paling tidak laporan pertanggungjawaban anggaran atau kegiatan bumdes sudah di sampaikan oleh kepala desa yang baru,” tuturnya.

Atas peristiwa yang terjadi di Desa Sembung, Kecamatan Sukorame, mendapat reaksi keras dari DPD LSM LIRA (Lumbung Informasi Rakyat), soroti serta menyatakan sangat prihatin akan penggunaan uang Negara RI yang seharusnya diperuntukkan guna kepentingan dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat tersebut.

“Dengan adanya ketidakjelasan penggunaan dana Bumdes tersebut sangat disayangkan, hal ini karena bumdes bertujuan untuk mensejahterakan masyarakat desa dan sebagai inkam pemasukan desa bukan kepentingan pribadi,” terang Slamet LSM LIRA di wilayah Lamongan, kepada Media Pelopor.net.

Oleh karena itu, saya sebagai elmen social control berharap kepada aparat penegak hukum kepolisian dan kejaksaan segera mengambil langkah untuk melakukan penyelidikan dan penyidikan terkait hal tersebut.

“Begitu juga dengan inspektorat berharap melakukan audit penggunaan dana Bumdes di desa Sembung tersebut,” pungkasnya.

 

(Rid/S)

 579 Pembaca,  27 Hari ini

Tinggalkan Komentar

Close Ads X