Fikri Faqih Dorong Masyarakat Tegal Bersemangat Bangun Pariwisata Pasar Langgeng

Pelopor.Net - 7 Maret 2022 - 14:18 WIB
Fikri Faqih Dorong Masyarakat Tegal Bersemangat Bangun Pariwisata Pasar Langgeng
 (Pelopor.Net)
|
Editor

PELOPOR.net – TEGAL – Anggota DPR RI dari daerah pemilihan Jawa Tengah IX Abdul Fikri Faqih mendorong masyarakat untuk bersemangat membangun pariwisata, khususnya di destinasi wisata kuliner Pasar Langgeng, Desa Semedo, Kedungbanteng, Kabupaten Tegal, Jawa Tengah. Sebab, menurutnya, dengan adanya semangat dari masyarakat dan pemerintah daerah setempat, akan memacu pemerintah pusat dan swasta untuk terlibat pula sehingga menghadirkan pengembangan pariwisata yang berkelanjutan.

“Kalau semangat ini sudah ada, pemerintah pusat atau swasta akan punya alasan untuk membantu,” ujar Fikri saat membuka Gerakan BISA (Bersih, Indah, Sehat, dan Aman) di Tegal, Jateng, beberapa waktu lalu. Dalam keterangan tertulisnya kepada Parlementaria, Jumat (4/3/2022), Wakil Ketua Komisi X DPR RI ini menambahkan pengembangan pariwisata dapat dikembangkan dengan kolaborasi berbagai pihak. Sehingga, gagasan 3A dalam membangun pariwisata dapat terimplementasikan dengan baik.

“Dalam pengembangan tersebut, perlu dibicarakan 3A. Apa itu 3A? yaitu, Aksesibilitas, Amenitas dan Atraksi. Banyak destinasi wisata masih terkendala hal ini,” jelas Anggota Fraksi PKS DPR RI ini. Adapun peluncuran Gerakan BISA tersebut juga dihadiri oleh Direktur Wisata Minat Khusus Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI, Alexander Reyaan. Pada kegiatan tersebut, dilakukan pula penyerahan alat-alat kebersihan, kerja bakti membersihkan destinasi tersebut, dan mengunjungi Museum Semedo.

Diketahui, destinasi wisata kuliner Pasar Langgeng, Desa Semedo  menyediakan penganan tradisional. Seperti ubi, ketela, angkrik, ganyong, blendung, sega jagung, cetot, dan sebagainya.Di Pasar ini juga rutin dihadirkan Festival Semedo setahun sekali.  Pasar ini mengedepankan konsep kearifan lokal, di mana sering diadakan pertunjukan kesenian seperti tari kuntulan dan gamelan.

(Ica)

 345 Pembaca,  3 Hari ini

Tinggalkan Komentar

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

Close Ads X