Gadis Pantura UPPD samsat Kabupaten Pekalongan sambang’ii OPD

Pelopor.Net - 23 Maret 2022 - 15:41 WIB
Gadis Pantura UPPD samsat Kabupaten Pekalongan sambang’ii OPD
 (Pelopor.Net)
|
Editor

PELOPOR.net – KAJEN – Dalam rangka menggiatkan program GADIS PANTURA ( Gerakan Disiplin Pajak Untuk Rakyat) , Tim Gadis Pantura UPPD Samsat Kabupaten Pekalongan hadir di halaman gedung Setda, Senin (21/03/2022) dengan mobil samsat keliling. Tim ini bertugas melakukan sosialisasi akan kedisiplinan para aparatur ( ASN) dalam membayar pajak kendaraan bermotor.

Asisten Administrasi Umum Setda Kabupaten Pekalongan, Anis Rosidi, S.Sos.,M.Si mengatakan bahwa gerakan untuk disiplin membayar pakjak kendaraan bermotor roda dua yang disebut dengan isitilah GADIS PANTURA merupakan implementasi kebijakan dari pemerintah provinsi Jawa Tengah yang muaranya adalah untuk kesejahteraan masyarakat.

Dijelaskan, Salah satu pendapatan pemerintah adalah dari pajak kendaraan bermotor. Oleh karena itu agar ada peningkatan income pajak kendaraan bermotor dan juga peningkatan bagi hasil pemerintah kabupaten/kota, Setda Provinsi Jawa Tengah menginstruksikan pemerintah kabupaten/kota bersama sama melaksanakan gerakan disiplin pembayaran pajak kendaraan bermotor roda dua yang dimulai dari aparatur. “

Jadi seluruh kendaraan dinas yang digunakan untuk mendukung pelaksanaan operasional daripada pemerintah kabupaten/kota untuk ditertibkan, memberi contoh kepada masyarakat untuk disiplin membayar pajak kendaraan bermotor,” ungkap Anis.

Dalam kesempatan tersebut Anis menghimbau dan mengajak seluruh pegawai maupun OPD yang menggunakan motor dinas, untuk taat membayar pajak. Dan ini tidak hanya berlaku untuk OPD saja namun juga instansi vertical yang menggunakan mobil inventaris Pemkab Pekalongan.

“ Alhamdulilah dari pihak kepolisian serta kejaksaan juga sudah tertib untuk memulai memberi contoh dan ini nanti diikuti oleh selurruh OPD yang nanti muaranya kepada kendaraan pribadi, khususnya pegawai. Ini sebagai contoh kepada masyarakat sebelum kita menghimbau kepada masyarakat , selaku ASN memberi contoh yang nanti akan berimbas pada pembayaran pajak kendaraan bermotor untuk masyarakat secara luas, “ terang Anis.

Anis berharap dengan momentum hadirnya GADIS PANTURA di lingkungan Pemkab Pekalongan pada pagi ini, Pemkab Pekalongan memberikan contoh kepada seluruh masyarakat untuk tertib, yang dimulai dari kendaraan operasional Pemkab Pekalongan (baik roda dua maupun roda empat), baik yang digunakan OPD, internal maupun yang dipinjam pakaikan kepada seluruh instansi vertikal maupun organisasi masyarakat. “

Saya menghimbau bahwa apa yang kita gunakan ini ada konsekuensi tanggungjawab yaitu membayar pajak kendaraan bermotor. Ini membuktikan bahwa peraturan, hukum, tidak pandang bulu, semua yang telah menggunakan kendaraan bermotor harus membayar pajak setiap tahun. Karena nanti muaranya kembali kepada masyarakat untuk membangun. Nah ini yang disebut dengan kesejahteraan masyarakat,” pungkas Anis

Sementara itu Rusdiono, Kasi Pajak Kendaraan Bermotor UPPD Samsat Kabupaten Pekalongan selaku Ketua Tim GADIS PANTURA menambahkan bahwa kegiatan ini merupakan tindaklanjut dari arahan sekda provinsi Jawa Tengah tentang ASN sebagai pelopor pembayaran pajak . Dari pembayaran pajak tersebut diharapkan dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat dalam pembangunan daerah.

“ Harapannya agar para ASN memberi contoh masyarakat dalam pembayaran pajak, bukan saja pembayaran kendaran plat merah tapi juga kendaraan yang mereka pakai untuk kegiatan sehari-hari, karena kita selalu dipantau oleh masyarakat apalagi kita sudah melaksanakan kegiatan penagihan tunggakan . Makanya kita berupaya untuk menjadi contoh bagi masyarakat agar kita bisa membangun dengan pajak kendaraan melalui bagi hasil,” papar Rusdiono.

Prokompim.Kab.Pekalongan/Tim

 348 Pembaca,  3 Hari ini

Tinggalkan Komentar

Close Ads X