Gandeng HIMPSI, Kader Pendamping Ketahanan Keluarga Kota Pekalongan Dapat Pembekalan Angkatan II

Pelopor.Net - 10 Maret 2022 - 16:42 WIB
Gandeng HIMPSI, Kader Pendamping Ketahanan Keluarga Kota Pekalongan Dapat Pembekalan Angkatan II
 (Pelopor.Net)
|
Editor

Pekalongan – Pemerintah kota Pekalongan melalui Dinas pemberdayaan masyarakat, perempuan dan perlindungan anak (DPMPPA) setempat berkolaborasi dengan tim penggerak PKK kota dan HIMPSI Eks karesidenan Pekalongan dengan memberikan pembekalan angkatan II bagi kader pendamping ketahanan keluarga, bertempat di ruang Amarta, Kantor Setda kota Pekalongan, Rabu (09/03/2022).

Kegiatan pembekalan tersebut, digelar sebagai tindak lanjut dari pembekalan angkatan I yang telah diadakan sebelumnya. Dalam pembekalan tersebut, menghadirkan tiga narasumber, yakni Plt Kepala DPMPPA Kota pekalongan, Sabaryo Pramono, ketua TP PKK Kota Pekalongan, Inggit Soraya dan ketua HIMPSI Jawa Tengah, Ouys Alkharani.

Dalam paparannya, Inggit menjelaskan bahwa materi konsep seks dan gender yang disampaikan, diharapkan mampu memberikan gambaran kepada para kader terkait perbedaan seks dan gender.

“Tujuan pembekalan kali ini supaya para kader pendamping ketahanan keluarga tahu apa perbedaan dari seks dan gender karena secara awa masih banyak yang mengira bahwa antara seks dan gender itu sama yaitu jenis kelamin perempuan padahal gender disini lebih mengarah sebagai fungsi maupun tugas bukan jenis kelaminnya,” kata Inggit.

Untuk mewujudkan keluarga harmonis, menurut Inggit diperlukan persamaan gender, sehingga peran dalam keluarga dapat berjalan dengan baik dengan adanya kolaborasi terutama dari sosok orang tua. “Untuk mencapai keluarga yang harmonis harus ada persamaan gender di dalam keluarga, dengan saling berkolaborasi dalam melaksanakan tugas-tugas rumah tangga,” tandasnya.

Usai pelatihan, Inggit mengajak kepada para kader untuk dapat menularkan dan mensosialisasikan kepada kader kelurahan sehingga dapat memperkuat peran pendamping ketahanan keluarga.

Sementara itu, Sabaryo Pramono menjelaskan peserta pembekalan kali ini terdiri dari para kader di tingkat kota, yang harapannya bisa menyalurkan ilmu yang didapat dan memotivasi kader tingkat kelurahan.

“Pembekalan sebelumnya yang kita undang kader-kader tingkat kelurahan, kali ini kita kolaborasikan dengan kader tingkat kota, harapannya dari kader kota inilah dapat memotivasi atau mengawali untuk bisa melakukan pembinaan di tingkat kelurahan” ujar Sabaryo.

Lebih lanjut, kegiatan ini juga sebagai wadah untuk saling diskusi antara para kader dengan pengurus HIMPSI, agar ke depan dapat terjalin kolaborasi dan mempermudah koordinasi di lapangan.

Kominfo/ Tim

 270 Pembaca,  3 Hari ini

Tinggalkan Komentar

Close Ads X