Gelar Aksi Simpatik, Satpol P3KP Berbagi dengan Masyarakat

Pelopor.Net - 4 Maret 2022 - 12:19 WIB
Gelar Aksi Simpatik, Satpol P3KP Berbagi dengan Masyarakat
 (Pelopor.Net)
|
Editor

PELOPOR.net – Pekalongan – Dalam peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-72 Satpol PP dan ke-60 Satlinmas serta ke-103 Damkar Tahun 2022, ada cara unik yang dilakukan oleh jajaran Satuan Polisi Pamong Pamong Praja, Pemadam Kebakaran, dan Penyelamatan (Satpol P3KP) setempat dalam merayakan hari jadinya, yakni dengan menggelar Operasi Simpatik dan Bakti Sosial, Kamis (3/3/2022). Dengan pendekatan humanis dan bersinergi dengan Polres Pekalongan Kota, mereka turun langsung ke jalan untuk memberikan edukasi pentingnya protokol kesehatan sekaligus membagikan bunga, dan masker kepada masyarakat.

Plt Kasatpol P3KP Kota Pekalongan, Agust Marhaendayana mengungkapkan bahwa, aksi simpatik ini dilakukan sebagai bentuk kepedulian jajarannya dalam rangka memperingati HUT ke-72 Satpol PP dan ke-60 Satlinmas serta ke-103 Damkar Tahun 2022 dengan maksud jajaran Satpol P3KP berupaya menyatu, bersinergi dan lebih mendekatkan diri kepada masyarakat secara humanis. Agust menyebutkan, ada beberapa kegiatan yang dilaksanakan dalam Peringatan HUT kali ini diantaranya Satpol Goes to School yang rutin dilakukan sebagai upaya pembinaan sekaligus penguatan protokol kesehatan (prokes).

“Pada hari ini kita memberikan masker kepada masyarakat karena masih situasi pandemi Covid-19 dan diharapkan menjadi upaya sosialisasi kepada masyarakat untuk menerapkan prokes ketat. Selain itu, dalam peringatan HUT tahun 2022 ini, kita juga peduli kepada orang-orang dhuafa dengan membagikan sembako kepada orang yang berhak menerima. Kemudian, besok kami akan berkunjung ke panti asuhan untuk memberikan sumbangan dan sembako untuk mereka yang membutuhkan,” tutur Agust.

Menurut Agust, dalam operasi simpatik, para anggota dan srikandi Satpol P3KP dan kepolisian pada hari ini memberikan bunga yang dimaknai sebagai bentuk tali silaturahmi kepada masyarakat.
Dengan untaian bunga yang diberikan itu, diharapkan masyarakat memiliki empati, bahwa tugas ketentraman dan perlindungan masyarakat itu tidak hanya tugas dari Satpol tetapi juga dibutuhkan peran dari masyarakat.

“Sembari memberikan bunga, kita juga menghimbau masyarakat untuk berperan aktif dalam ikut menjaga ketentraman dan perlindungan masyarakat,” tegasnya.

Aksi Simpatik yang dilaksanakan jajaran Satpol P3KP disambut baik oleh sejumlah masyarakat yang menerima bantuan. Salah satunya Slamet, seorang tukang becak yang menerima bantuan sembako dari Satpol P3KP Kota Pekalongan.

“Alhamdulillah kula maturnuwun sanget (Saya berterimakasih sebesar-besarnya) dapat paket sembako dari Satpol P3KP hari ini. Lumayan bisa buat makan sehari-hari,” ungkap Slamet.

Hal senada juga diungkapkan Kurdianto, tukang becak lainnya asal Kelurahan Degayu. Ia mengaku bersyukur dan sangat senang bisa menerima bantuan paket sembako berisikan beras, gula, teh, hingga minyak goreng dari Satpol P3KP dalam rangka HUT ke-72 Satpol PP dan ke-60 Satlinmas serta ke-103 Damkar Tahun 2022 ini.

“Alhamdulillah senang sekali dapat rejeki paket sembako dari Satpol. Mudah-mudahn Satpol P3KP bisa semakin maju dan sukses ke depannya,” tandas Kurdianto.

Kominfo/Tim

 318 Pembaca,  3 Hari ini

Tinggalkan Komentar

Close Ads X