HASI Terkonfirmasi Sebagai Sayap JI Berafiliasi dengan Al-Qaeda

Pelopor.Net - 12 Maret 2022 - 13:56 WIB
HASI Terkonfirmasi Sebagai Sayap JI Berafiliasi dengan Al-Qaeda
 (Pelopor.Net)
|
Editor

PELOPOR.net – Sukoharjo – Tersangka teroris dr. Sunardi yang ditembak oleh Detasemen Khusus (Densus) 88 Antiteror Polri merupakan seorang dokter yang aktif di lembaga Hilal Ahmar Society Indonesia (HASI) di wilayah Sukoharjo, Jawa Tengah.

Fakta diatas dibenarkan oleh Kepala Bagian Bantuan Operasi Densus 88 Antiteror Polri Kombes Aswin Siregar saat dikonfimasi CNNindonesia, Kamis 10 Maret 2022. “Ya benar (dokter Sunardi). Penjelasannya nanti akan disampaikan oleh Divisi Humas ya,” ujarnya.

Berdasarkan data dari Polri yang dikeluarkan tahun 2015 berdasarkan putusan Pengadilan Negeri Jakarta Pusat, Hilal Ahmar Society Indonesia alias HASI masuk dalam daftar terduga teroris dan organisasi teroris di Indonesia.

Data tersebut turut dipublikasi dalam situs Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK). Belum ada keterangan dari pihak HASI terkait informasi dugaan teroris ini.

HASI berada pada nomor empat bagian entitas dalam daftar itu. Dalam data itu tertulis jelas bahwa HASI diduga menggunakan kedok sebagai yayasan kemanusiaan padahal dikelola oleh Jamaah Islamiyah (JI).

Organisasi HASI ini tersebar di beberapa wilayah seperti Jakarta, Lampung, Semarang, Yogyakarta, Solo, Surabaya hingga Makassar. Mereka diduga turut mendanai perjalanan foreign terrorist fighter (FTF) alias kombatan ke Suriah.

Seperti dilansir di laman PBB, sejak 2011, HASI telah beroperasi sebagai lembaga swadaya masyarakat (LSM) di Indonesia. HASI, sebagaimana kelompok teroris JI, adalah jaringan organisasi untuk kegiatan pengumpulan amal untuk digunakan sebagai dana demi mendukung tindak terorisme mereka.

“Kegiatan HASI menunjukkan bagaimana kelompok teroris, seperti JI, menyalahgunakan pemberian amal untuk mengumpulkan dan menggunakan dana demi mendukung tindakan kekerasan dan menyediakan perlindungan untuk kebutuhan logistik untuk organisasi teroris mereka,” demikian keterangan dalam laman PBB tersebut, dikutip Kamis (10/3).

HASI juga tercatat sebagai kelompok yang terafiliasi dengan Al-Qaeda sejak 13 Maret 2015

Pada 2013, HASI terlibat dalam sejumlah kegiatan yang mendukung perekrutan dan aksi terorisme JI ke Suriah. Pengerahan HASI ke Suriah ini dilakukan secara rutin bersama dengan anggota JI untuk melakukan pelatihan militer dan bergabung dengan kelompok lainnya di Suriah.

Beberapa tokoh JI yang pernah disokong HASI ke Suriah yakni pemimpin senior JI Bambang Sukirno dan operator JI Angga Dimas Pershada. Salah satu pengerahan HASI ke Suriah juga tercatat dilakukan pada Mei 2014 silam.

Sebagai kelompok yang juga terafiliasi dengan Front Al-Nusrah Umat Syam, HASI banyak berpartisipasi dalam penggalangan dana bersama JI. Pada 2013, kelompok itu berhasil mengumpulkan puluhan ribu dolar untuk menjalankan aksinya.

(TIM)

 303 Pembaca,  3 Hari ini

Tinggalkan Komentar

Close Ads X