“Hutan Mangrove” Surabaya Menjadi “Kebun Raya Mangrove”.

Pelopor.Net - 21 Januari 2023 - 22:51 WIB
“Hutan Mangrove” Surabaya Menjadi “Kebun Raya Mangrove”.
 (Pelopor.Net)
|
Editor

PELOPOR.Net – Surabaya – Wisata Mangrove Gunung Anyar. Tempat wisata ini terletak di Jalan Medokan Sawah Timur Segoro Tambak Sedati, Medokan Ayu, Kec. Rungkut, Kota Surabaya, Jawa Timur. Luas lahan hutan di kawasan wisara mangrove Surabaya ini mencapai 25 hektar.

Hutan Mangrove mulai dikelola pada tahun 2015 oleh Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Kota Surabaya. Awalnya hutan bakau ini dikelola hanya untuk ditanam sebagai kawasan konservasi, namun lama-kelamaan kawasan hutan mangrove ini menjadi sebuah alternatif wisata bagi masyarakat Surabaya dan sekitarnya.

Kawasan wisata tersebut juga berfungsi sebagai sarana edukasi untuk memperoleh informasi dan pengetahuan mengenai fungsi dan manfaat mangrove, selain daripada itu Hutan Mangrove juga bermanfaat sebagai kawasan resapan, yang tentunya menjadikan dampak positif untuk Kota Surabaya, juga untuk menciptakan kesadaran tentang pentingnya fungsi lingkungan bagi kehidupan untuk kita semua.

Dan pada saat ini Hutan Mangrove sudah mendapat kelola lanjutan oleh Walikota Surabaya Ery Cahyadi, dengan melakukan pembaharuan konsep menjadi ” Kebun Raya Mangrove “, untuk target kedepan agar menjadi ikon Kota Surabaya.

Obyek wisata “Kebun Raya Mangrove” termasuk salah satu destinasi wisata di Surabaya, yang sejak awal hingga saat ini tetap tidak mengadakan pungutan biaya alias gratis untuk para pengunjung. Hanya bagi pengunjung yang membawa kendaraan saja yang akan dikenakan biaya parkir, atau pengunjung yang ingin menyusuri kawasan mangrove dengan perahu juga akan dikenakan biaya.

Dari hasil penelusuran awak Media PELOPOR. Sabtu 21 Januari 2023, dari kurun waktu berjalan, “Kebun Raya Mangrove” sampai saat ini, selain dikunjungi oleh warga Surabaya dan sekitarnya, juga telah ditemui wisatawan dari Flores Manggarai, semuanya menyatakan senang dengan kunjungan wisatanya, karena keasrian lokasi tersebut.

Sebut saja Lewa dan Geby, pengunjung dari Surabaya (dalam photo) mereka merasakan suasana nyaman, tenang dan happy pada kunjungan wisata perdanya ditempat ini.

Juga pengunjung dari Flores Manggarai, mereka adalah Josep, Yanti Maria, Afni dan Faya Jelmi (dalam photo), mereka juga tampak sukaria di tempat tersebut, dengan komentar akan kangen Surabaya dengan hutan mangrove nya.

( AgwaN )

 491 Pembaca,  3 Hari ini

Tinggalkan Komentar

IKLAN

IKLAN

IKLAN

Close Ads X