Kapolda Aceh dan Pangdam IM Beserta Para Pejabat Pemerintah Aceh Hadiri Peringatan 18 Tahun Tsunami Aceh

Pelopor.Net - 27 Desember 2022 - 09:58 WIB
Kapolda Aceh dan Pangdam IM Beserta Para Pejabat Pemerintah Aceh Hadiri Peringatan 18 Tahun Tsunami Aceh
 (Pelopor.Net)
|
Editor redaksi

PELOPOR.net – Banda Aceh – Kapolda Aceh Irjen Pol Drs Ahmad Haydar SH MM dan Panglima Komando Daerah Militer Iskandar Muda (Pangdam IM) Mayjen TNI Mohamad Hasan beserta para Pejabat Pemerintah Aceh menghadiri peringatan 18 tahun silam bencana Tsunami dan Gempa Aceh 9,3 SR yang dipusatkan di Kuburan Massal Siron, Kecamatan Ingin Jaya, Aceh Besar, Senin (26/12/2022).

Kegiatan tersebut diisi dengan zikir, sholawat, santunan anak yatim dan doa bersama. Kuburan massal Siron salah satu tempat saksi betapa dahsyatnya tsunami 2004 silam, ada 40.000 lebih para syuhada yang dimakamkan.

Sebagai informasi, bencana gempa dahsyat 9,3 SR yang berpusat di Samudera Hindia dan tsunami yang terjadi pada 26 Desember 2004 kala itu menerjang Aceh dan meluluhlantakkan hampir 1/3 wilayah Aceh serta menyapu Kepulauan Nias, Sumatera Utara.

Gelombang air laut itu turut menghantam wilayah Malaysia, Thailand, Sri Langka, Bangladesh, India, Maladewa, Myanmar, Madagaskar, Somalia, Kenya, Tanzania, Seychelles, Afrika Selatan, dan Yaman.

Tsunami Aceh adalah salah satu bencana terbesar di Indonesia yang terjadi 18 tahun silam dengan merenggut nyawa lebih dari 220.000 jiwa akibat bencana tsunami tersebut.

Untuk memperingati kejadian bersejarah yang ke 18 tersebut, pemerintah Aceh memusatkan acara peringatan tsunami tersebut di Kuburan Massal Siron, Kecamatan Ingin Jaya, Kabupaten Aceh Besar.

Selain Siron, kuburan massal korban tsunami Aceh lainnya adalah di Lambaro, Lhok Nga dan Ulee Lheu. Umumnya, kuburan massal korban tsunami Aceh tidak memiliki batu nisan. Hal ini karena banyak korban tsunami Aceh yang tidak teridentifikasi.

Hadir pada kesempatan tersebut Pj. Gubernur Aceh, Kapolda Aceh, Kajati Aceh, Kasdam IM, para Pejabat Utama Kodam IM, Pejabat Utama Polda Aceh, Pejabat Utama Pemerintah Aceh dan Aceh Besar serta masyarakat Aceh.

(Teuku imran/Red)

 375 Pembaca,  3 Hari ini

Tinggalkan Komentar

IKLAN

IKLAN

IKLAN

Close Ads X