Kapolres Sumenep Realisasikan Program PIRAMIDA Bersama PJI

Pelopor.Net - 13 Agustus 2022 - 21:13 WIB
Kapolres Sumenep Realisasikan Program PIRAMIDA Bersama PJI
 (Pelopor.Net)
|
Editor

PELOPOR.net – Sumenep – Satukan Visi dan misi dalam mewujudkan program Kapolda Jatim Irjen Pol Nico Afinta, Kepolisian Resor (Polres) Sumenep menggelar giat Paramida yang ke-2 dengan menggandeng asosiasi Persatuan Jurnalis Indonesia (PJI) Sumenep.

Giat ini digelar di warung kopi Brobaks sebelah barat kantor Sabhara Polres Sumenep, di jalan raya Urip Sumoharjo Dalem Anyar Bangselok Kecamatan Kota Kabupaten Sumenep Madura Jawa Timur, Jum’at malam 12 Agustus 2022 pukul 19.00 wib.

Giat ngopi bareng bertajuk Piramida ini dihadiri oleh Kapolres Sumenep, AKBP Edo Satya Kentriko, S.H., S.I.K.,M.H, Wakapolres Sumenep, Soekris Tri Hartono,S.Sos, Kasatreskrim Polres Sumenep.,AKP Fared Yusuf, S.H, Kasatlantas Polres Sumenep.,AKP Lamudji.,S.H, Kasi Humas Akp Widiarti S.,S.H, KBO Intelkam Agus Rusdiyanto.,S.H, Ketua PJI Sumenep, Andi Kusmanto dan segenap wartawan yang tergabung dalam asosiasi PJI Sumenep.

Kapolda Jatim menerapkan program ngopi bareng media (PIRAMIDA) ini guna meningkatkan sinergi dan kolaborasi antara jajaran kepolisian dengan insan media massa dalam menciptakan keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas) di wilayah hukumnya dalam melawan berita hoax.

Tujuan dari kegiatan Piramida ini, selain mempererat tali silaturahmi antara Kepolisian dengan Insan Media, juga sebagai sarana diskusi terkait perkembangan dinamika yang ada di masyarakat.

Program Piramida ini menjadi program yang wajib diimplementasikan oleh segenap jajaran Kepolisian di wilayah Jatim, setelah resmi dicetuskan oleh Kapolda Jawa Timur, Irjen Pol Nico Afinta.

Guna untuk mewujudkan Kamtibmas di wilayah hukum Polda Jatim, kini melalui Polres Sumenep terus memantabkan diri menjalin sinergitas dengan berbagai elemen masyarakat, salah satunya dengan berbagai pihak media yang ada di Kabupaten Sumenep.

Dalam sambutannya, Kapolres AKBP Edo Satya Kentriko., S.H, S.I.K., M.H menyampaikan, bahwa kegiatan ngopi bareng dengan pelaku media tidak lain hanya untuk menjalin sinergitas, agar media tetap searah sejalan dengan Kepolisian untuk menciptakan Kamtibmas di Sumenep.

“Ngopi bareng dengan awak media ini dicetuskan oleh Kapolda Jatim dan sudah berjalan kurang lebih 8 bulan, Giat Paramida ini wajib diterapkan oleh semua Kapolres dan jajarannya,” ujar Kapolres Sumenep AKBP Edo Satya Kentriko.

Untuk itu, Kapolres Edo meminta agar media berperan serta untuk mengedukasi masyarakat dan turut menyukseskan semua program Polri.

“Karena peran media itu sangat penting. Oleh karena itu, Program Piramida ini sangatlah positif untuk kita semua,” tukas Kapolres baru ini.

Pihaknya berpesan kepada segenap wartawan di PJI Sumenep ini, untuk menjadi wadah perjuangan dalam mengedukasi hal hal positif untuk kemajuan Kabupaten Sumenep, sehingga masyarakat Sumenep pada umumnya bisa merasakan kesejahteraan.

“Hanya itu harapan kami. Semoga Persatuan Jurnalis Indonesia turut serta berperan untuk menciptakan Kamtibmas di Kabupaten Sumenep,” tandas Kapolres tampan ini.

Selain itu, Kapolres energik ini menyampaikan kepada jajarannya didepan sejumlah wartawan, agar selalu merangkul semua pihak tanpa harus membeda-bedakan siapa mereka.

Sementara itu, Ketua PJI Sumenep Andi Kusmanto mengucapkan terima kasihnya kepada Polres Sumenep atas undangannya untuk giat ngopi bareng ini kepada PJI Sumenep.

“Kami mengucapkan terima kasih untuk Kapolres beserta jajarannya atas undangannya, sehingga kami dari PJI Sumenep bisa duduk bareng dan diskusi dengan pejabat tinggi Polres Sumenep, yang akhirnya hubungan sinergitas kami semakin dekat dengan kepolisian,” tutur Andi.

Ketua PJI Sumenep ini berharap kepada Polres Sumenep dengan PJI, bisa menjadi Mitra yang baik untuk mewujudkan kamtibmas di Kabupaten Sumenep.

“PJI Sumenep akan mendukung kinerja baik Kepolisian Resort Sumenep dalam mewujudkan Kamtibmas,” tandasnya.

Dalam giat ini, Andi memberikan apresiasi kepada AKBP Edo Satya Kentriko yang masih baru menjabat sebagai Kapolres di Sumenep, sudah banyak melakukan terobosan untuk masyarakat Sumenep.

Dalam giat yang sama, Sekretaris PJI DPC Sumenep Erfandi meminta kepada Kapolres Edo untuk bisa memberikan bimbingan dan pengarahan kepada sejumlah wartawan yang tergabung di PJI Sumenep dalam mewujudkan Kamtibmas di wilayah hukumnya.

“Atas nama PJI Sumenep, wartawan yang melakukan tugas profesinya selaku sosial kontrol dalam mengawasi penggunaan anggaran dan kebijakan publik, dalam mewujudkan Kamtibmas di Kabupaten Sumenep memohon arahan dan petunjuk kepada Kapolres dalam menyampaikan aspirasi masyarakat terkait persoalan dan segala temuan yang terjadi di masyarakat,” tegas sekretaris PJI Sumenep.

Erfandi menyampaikan bahwa, realita yang sering terjadi di Kabupaten Sumenep pada sebelumnya. Masyarakat Sumenep banyak yang merasa masih tidak diperhatikan oleh pihak Pemerintah dan Kepolisian dalam menyampaikan aspirasinya.

“Hal ini harus diperhatikan oleh Kapolres baru, bahwa di Kabupaten Sumenep masih sering terjadi berbagai aksi turun jalan, Karena aspirasi masyarakat masih banyak tidak di perhatikan atau difasilitasi oleh pihak terkait, sehingga masyarakat Sumenep menjadi liar. Hal itu menyebabkan Kamtibmas tidak bisa terwujud di Kabupaten Sumenep,” ujar wartawan gondrong ini.

Dengan adanya program ngopi bareng bersama media ini, menjadi program yang tepat untuk mendekatkan hubungan wartawan dengan pejabat tinggi kepolisian setempat, sehingga segala persoalan yang terjadi di masyarakat bisa langsung disampaikan kepada Kapolres.

(Ziz/S/Tim)

 344 Pembaca,  3 Hari ini

Tinggalkan Komentar

Close Ads X