Kodim 0736/Batang Seleksi Bhabinsa Terbaik Dari Tiap Koramil

Pelopor.Net - 25 Februari 2022 - 14:18 WIB
Kodim 0736/Batang Seleksi Bhabinsa Terbaik Dari Tiap Koramil
 (Pelopor.Net)
|
Editor

PELOPOR.net – Batang – Dalam rangka mencari Bhabinsa terbaik di Koramil jajaran, Kodim 0736/Batang telah melaksanakan kegiatan seleksi Bhabinsa yang dilaksanakan di ruang Aula Makodim, Jln. Jendral Sudirman No. 41 Kelurahan Kasepuhan Kecamatan Batang Kabupaten Batang. Kamis ( 24/02/22 ) pagi.

Pemilihan atau seleksi Bhabinsa terbaik ini diambil dari tiap tiap Koramil yang dipilih langsung oleh Danramil untuk mengikuti seleksi di Makodim, setiap Koramil mengirimkan dua orang Bhabinsa terbaiknya. Pada tahap seleksi, pihak panitia telah mensiapkan dua kegiatan guna menguji para Bhabinsa yaitu ujian secara tertulis dan wawancara.

Dandim 0736/Batang Letkol Arh Yan Eka Putra yang diwakili oleh Perwira Seksi Teritorial (Pasiter) Kapten Inf Bardi menyampaikan, seleksi Bhabinsa terbaik jajaran Kodim 0736/Batang ini dilaksanakan dalam rangka guna mencari Bhabinsa yang memiliki kualitas, kreatifitas, tangguh serta punya potensi yang positif dalam mengemban tugas pokok diwilayah binaan. Kegiatan seleksi Bhabinsa ini diikuti sebanyak 26 orang yang diambil dari tiap perwakilan Koramil dua orang. Melalui seleksi ini kita akan mendapatkan Bhabinsa yang benar-benar memiliki potensi yang bisa dibanggakan dan profesional dalam melaksanakan tugas pokoknya, ”ucap Bardi”.

Kegiatan seleksi Bhabinsa terbaik yang diselenggarakan ini dimulai dengan tes tertulis dan dilanjutkan dengan tes wawancara atau tanya jawab. Para Bhabinsa harus menguasai 5 kemampuan teritorial dan harus dapat menjelaskan dan menguraikan apa tugas pokok seorang Bhabinsa, “imbuh Kapten Bardi”.

Dalam tes wawancara, mereka harus bisa menjelaskan dan menyampaikan ke panitia, apa yang harus diperbuat seorang Bhabinsa diwilayah binaan dalam rangka membantu masyarakat untuk mendukung agar tercapainya tugas pokok. Bhabinsa harus berada ditenggah warga binaan saat mereka membutuhkan dan seorang Bhabinsa harus mampu mengayomi warganya. Dengan demikian keberadaan Bhabinsa baru memiliki nilai yang srategis, baik dalam membantu kegiatan ketahanan pangan maupun perbaikan sarana dan prasarana yang dibutuhkan warganya.

Untuk hasil seleksi Bhabinsa terbaik Kodim 0736/Batang ini, akan disampaikan beberapa hari kedepan sambil menunggu hasil rapat panitia dan petunjuk Dandim, “tungkas Kapten Bardi”.

(Pen-0736/Tim)

 675 Pembaca,  3 Hari ini

Tinggalkan Komentar

Close Ads X