Kota Surabaya Bakal Miliki Destinasi Taman Komodo

Pelopor.Net - 5 April 2022 - 15:25 WIB
Kota Surabaya Bakal Miliki Destinasi Taman Komodo
 (Pelopor.Net)
|
Editor

PELOPOR.net – SURABAYA – Kota Surabaya akan memiliki Taman Komodo. Destinasi taman satwa terbesar ini rencananya akan dibangun di lahan luas di wilayah Wonorejo, Surabaya Timur.Saat ini desain dan modelnya tengah disiapkan.

“Kami tengah serius melakukan feasibilty study untuk Taman Komodo. Termasuk tim kami juga sedang merancang desain terbaiknya,” ucap Dirut Perusahaan Daerah Taman Satwa (PDTS) Kebun Binatang Surabaya (KBS) Khairul Anwar, Selasa (5/4/2022).

Pria asli Pasuruan ini berharap studi kelayakan yang sedang berjalan segera mendapatkan hasil terbaik. Semua menyangkut Taman Satwa baru, Taman Komodo itu tengah dalam tahap feasibility study. Termasuk berapa luasan yang dibutuhkan.

Saat ini tahapan penyusunan master plan Taman Komodo itu tengah dikerjakan. Lokasi dan titik wilayah saat ini juga terus dilakukan identifikasi.

Termasuk luasan yang dibutuhkan. Sebab Taman Komodo akan menjadi taman satwa khusus.Apakah lebih luas dari KBS saat ini yang mencapai 15 hekatare atau sebaliknya. Semua bergantung hasil studi itu. Khairul berharap studi kelayakan itu tahun ini tuntas.

“Tahun depan kami bersama manajemen akan mempresentasikan ke Pemkot. Nantinya akan ada destinasi baru berkelas internasional di kota sekelas Surabaya. Taman satwa khusus Komodo,” tandas Khairul.

Semangat membangun taman satwa khusus berkelas internasional tersebut muncul dari KBS. Lembaga konservasi dan rekreasi milik Pemkot Surabaya ini bermimpi membangun taman satwa khusus.

“Bukan mimpi. Tapi rencana yang sangat mungkin. Ini sebagai inisiatif profesional kami terhadap kebutuhan destinasi spesialis yg belum pernah ada di Pulau Jawa. Taman Komodo,” kata Khairul.

Rencana Pembangunan Taman Komodo itu mendapat respons baik Ketua Komisi C DPRD Surabaya Baktiono.

“BUMD ini patut didukung. KBS selama ini memberi catatan baik mengembangkan KBS sehingga terus untung,” kata Baktiono.

Tidak saja pengembangan diperlukan. Tapi Surabaya memang sudah saatnya memiliki destinasi berkelas internasional. Wonorejo menjadi salah satu lokasi yang pas dengan hamparan pantai dan hutan mangrove.

(Feli)

 225 Pembaca,  3 Hari ini

Tinggalkan Komentar

Close Ads X