Mahfud “NGAPOTE”, Nominator UKM Berprestasi Jatim 2021 Andalan Sampang

  • Bagikan
Mahfud Pengusaha Budidaya Melon di Dusun Marengat Desa Bira Timur Kecamatan Sokobanah Sampang
Mahfud Pengusaha Budidaya Melon di Dusun Marengat Desa Bira Timur Kecamatan Sokobanah Sampang

SAMPANG, PELOPOR.NET – Di Sampang Madura Jawa Timur terdapat Destinasi Agrowisata Budidaya Buah Melon.

Berlokasi di dusun Mrengat Desa Bira Timur Kecamatan Sokobanah, Budidaya buah melon itu di kelola oleh Mahfud 27 warga setempat.

Saat ini suami dari Nur Azizah merupakan Pengusaha milenial di Sampang yang sedang berproses menjalani penilaian pelaku Usaha Kecil dan Menengah (UKM) Berprestasi Jawa Timur tahun 2021.

Pria yang sedang mengelola Budidaya melon, Sari melon dan Sirup melon ini masuk Nominator (15 Besar) yang berhak mengikuti tahap selanjutnya.

Saat ditemui dilokasi Senin 5/7 usai mendampingi Fotografer dan Video yang ditunjuk oleh Tim Penilai, diungkapkan hasil visitasi lapangan serta pengambilan gambar video itu menjadi materi dari Tim Penilai.

Setelah itu tahap presentasi dan wawancara secara virtual besok Jumat 9/7.

Menurut Mahfud bisnis yang dibangun tahun 2016 bermula dari angan angan dan keinginan menjadi orang sukses
“Awalnya membangun mimpi jadi orang sukses dengan memanfaatkan lahan yang ada dan tidak terlalu populer bagi masyarakat setempat,” ujarnya.

Ia merasa tertantang dan bermaksud mengedukasi dengan memulai menanam melon sebagai alternatif pengganti tembakau yang selama ini menjadi tanaman “emas” bagi masyarakat.

Dikisahkan pada tahun 2018, 4,5 H lahan miliknya telah menghasilkan melon 29 ton varietas Rock melon, pada tahun 2019 dengan luas lahan yang sama menghasilkan 50 ton dengan varietas Rock melon, Golden exist serta Honey Globe.

Kemudian pada tahun 2020 mengembangkan lahan garapan seluas 95 H hingga menghasilkan 79 ton varietas Rock melon, Golden exist dan Honey Globe.

Disebutkan pula pada tahun 2018 – 2019 menjalin kemitraan dengan Dinas Koperasi (sebelum bernama Diskopindag) dengan membuka Pelatihan olahan buah melon.

Hasil dari Pelatihan sampai saat ini sudah memproduksi Sari melon dan Sirup melon.

Olahan melon yang diberi nama NGAPOTE Fruit berhasil memproduksi 4 sampai 8 kali setiap bulannya, 1 kali produksi menghasilkan 150 botol Sari melon dengan keuntungan 3 – 4 juta perbulan.

Untuk kebutuhan pengelolaan Budidaya melon itu Ia telah membeli peralatan serta menggunakan sistem modern.

Adapun pemasaran dari produk NGAPOTE maupun NGAPOTE Fruit selain di sekitar Madura juga merambah pasar di luar Madura melalui jaringan kemitraan termasuk pasar online.

Ditambahkan, kedepan akan mengembangkan bisnis olahan berbasis melon seperti dodol, stik, keripik dan selai melon.

Bagi yang ingin merasakan varietaa melon NGAPOTE dan olahan NGAPOTE Fruit dapat mendatangi lokasi usaha di dusun Mrengat Desa Bira Timur Kecamatan Sokobanah atau dapat menghubungi contack person di 087775772920.

Sebelum mengakhiri ungkapannya Mahfud berharap dukungan serta doa supaya diberi kelancaran dan memberikan yang terbaik untuk Kabupaten Sampang yang Hebat dan Bermartabat melalui UKM Berprestasi Jawa Timur tahun 2021. (det/hsn)

 5 Pembaca,  1 Hari ini

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *