Menghadapi Tantangan Semakin Kompleks, Panglima TNI Mutasi Jendral BIN, UNHAN Hingga LEMHANAS

Pelopor.Net - 29 Oktober 2022 - 19:50 WIB
Menghadapi Tantangan Semakin Kompleks, Panglima TNI Mutasi Jendral BIN, UNHAN Hingga LEMHANAS
 (Pelopor.Net)
|
Editor redaksi

PELOPOR.net – Jakarta – Panglima Tentara Nasional Indonesia Jenderal (TNI) Andika Perkasa kembali merombak jajarannya. Sejumlah perwira tinggi ( pati ) yang bertugas di Lembaga Ketahanan Nasional (Lemhannas) dan Badan Intelijen Negara (BIN) hingga Universitas Pertahanan RI (UNHAN) diganti.

Kebijakan mutasi terbaru itu tertuang dalam Surat Keputusan Panglima TNI Nomor Kep/940/IX/2022 tentang Pemberhentian dari dan Pengangkatan Dalam Jabatan di Lingkungan Tentara Nasional Indonesia.

Surat tertanggal 28 September 2022 itu ditandatangani Jenderal Andika. Secara keseluruhan terdapat 110 perwira dari tiga matra yang masuk dalam daftar perombakan jabatan ini.

Mereka di antaranya Direktur Telematika pada Deputi Bidang Intelijen Teknologi BIN Brigjen TNI Akhmad Zainul Arifin.

“Brigjen TNI Akhmad Zainul Arifin, jabatan lama Direktur Telematika pada Deputi Bidang Intelijen Teknologi BIN; jabatan sekarang Agen Intelijen Ahli Madya pada Direktorat Telematika Deputi Bidang Intelijen Teknologi BIN,” bunyi salinan SK Panglima TNI, dikutip Sindonews, Sabtu (29/10/2022).

Jenderal BIN lainnya yang turut masuk daftar mutasi yakni Agen Intelijen Ahli Madya pada Direktorat Non Aparatur Negara Deputi Bidang Pengamanan Aparatur BIN Brigjen TNI Budi Santoso.

Budi kini dipercaya Panglima TNI sebagai Direktur Perencanaan, Pengendalian Kegiatan dan Operasi pada Deputi Bidang Intelijen Teknologi BIN.

Jenderal Andika juga mengganti sejumlah pati yang berdinas di Lemhannas. Mereka yakni Mayjen TNI R Agus Abdurrauf, dimutasi dari Tenaga Ahli Pengkaji Bidang Kepemimpinan Nasional Lemhannas menjadi pati Mabes TNI AD dalam rangka pensiun. Selanjutnya Diropsdik Debid Dik Pimp Tk Nasional Lemhannas Brigjen TNI Purbo Prastowo diangkat menjadi Tenaga Ahli Pengkaji Bidang Kepemimpinan Nasional Lemhannas.

Dengan demikian Purbo akan menggantikan Mayjen Rauf, yang berarti dia promosi bintang dua. Posisi yang ditinggalkan Purbo dipercayakan kepada Pa Sahli Tk II Sosbud Sahli Bidang Sosbudkum HAM dan Narkoba Panglima TNI Laksma TNI Jalasena Satriyawirya.

Disamping itu,Tenaga Ahli Pengkaji Bidang Demografi Lemhannas Mayjen TNI (Mar) Kasirun Situmorang dimutasi menjadi Pati Mabes TNI AL dalam rangka pensiun.

Sebagai pengganti Kasirun, Jenderal Andika menunjuk Dankodikopsla Kodiklatal Laksma TNI I Wayan Suarjaya sebagai Tenaga Ahli Pengkaji Bidang Demografi Lemhannas.

Tenaga Ahli Pengkaji Bidang Ketahanan Nasional Lemhannas Marsda TNI Anang Nurhadi juga dimutasi menjadi pati Mabes TNI AU dalam rangka pensiun. Sebagai pengganti, Dirjian Hankam Debit Jianstrat Lemhannas Marsma TNI Haddezul diangkat menjadi Tenaga Ahli Pengkaji Bidang Ketahanan Nasional Lemhannas.

Tenaga Ahli Pengkaji Madya Bidang SKA Lemhannas Marsma TNI Rolland Dulista G Waha dimutasi menjadi Dirjian Hankam Debit Jianstrat Lemhannas. Panglima kemudian menunjuk Kapuskodalau Kolonel Pnb Bambang Somantri diangkat menjadi Tenaga Ahli Pengkaji Madya Bidang SKA Lemhannas. Dengan mutasi ini, Bambang Somantri akan pecah bintang alias menjadi jenderal bintang satu (marsma).

Mutasi juga mencakup Dirsosmed Taplai Debid Taplai Bangsa Lemhannas Brigjen TNI (Mar) Nana Rukmana yang diberikan kepercayaan baru sebagai Dirbinlak Taplai Debid Taplai Bangsa Lemhanas.

Dalam kebijakan pergerseran jabatan ini Jenderal Andika juga merombak besar-besaran pejabat di Kementerian Pertahanan dan Universitas Pertahanan RI (Unhan).

Rotasi ini sebagai bagian dinamika di dalam jajaran TNI atau tour of duty dan tour of area demi menjawab tantangan ke depan yang semakin kompleks dan penuh tantangan.

Sederet jenderal yang bertugas pada kementerian yang dipimpin Prabowo Subianto itu antara lain Laksamana Pertama (Laksma) TNI Supo Dwi Diantara dari sebelumnya Dir Ren Proggar Renhan Kemhan, diangkat dalam jabatan baru sebagai Dirjen Renhan Kemhan. Dengan mandat baru ini Supo dipromosi menjadi Laksda.

Selain pejabat utama Kemhan, mutasi juga dengan merombak para pejabat Unhan yang secara teknis fungsional dibina Kemhan.

Pati yang mendapatkan penugasan baru antara lain Dekan Fakultas Manajemen Pertahanan Mayjen TNI Susilo Adi Purwantoro. Susilo dipercaya Jenderal Andika untuk menempati jabatan Wakil Rektor III Bidang Kerja Sama Kelembagaan Unhan. Dia menggantikan Laksda TNI Suhirwan yang dimutasi sebagai dosen tetap Unhan.

 

(Teuku Imran, SS/S/Red)

 1,157 Pembaca,  9 Hari ini

Tinggalkan Komentar

IKLAN

IKLAN

IKLAN

Close Ads X