Meningkatkan Pelayanan Masyarakat dan Mendukung KSPN Danau Toba, Polres Samosir Dapat Bantuan Kapal Cepat Dari Baharkam Polri

Pelopor.Net - 27 Oktober 2022 - 08:51 WIB
Meningkatkan Pelayanan Masyarakat dan Mendukung KSPN Danau Toba, Polres Samosir Dapat Bantuan Kapal Cepat Dari Baharkam Polri
 (Pelopor.Net)
|
Editor redaksi

PELOPOR.net – SAMOSIR – Kapolres Samosir mengujicoba untuk pertama kalinya kapal cepat di Perairan Danau Toba Wilayah Samosir, Rabu (26/10/2022) yang diterima dari Baharkam Polri.

AKBP Josua mengatakan, 1 unit Kapal Karet Kaku/RHTI (Rigid Hard Tube Inflatable) ini berasal dari Baharkam Polri diberikan kepada Polda Sumut dan diserahkan kepada Polres Samosir.

Kapolres Samosir memimpin langsung penurunan kapal cepat tersebut ke Perairan Danau Toba di Dermaga Ferry Tao Toba Tomok Desa Tomok Parsaoran Kecamatan Simanindo Kabupaten Samosir.

“Saya ucapkan banyak terima kasih kepada Bapak Kapolri, Bapak Kabaharkam Polri, Bapak Kapolda Sumut dan Bapak Dir Pol Airud Polda Sumut yang telah mana memberikan perhatian penuh kepada Polres Samosir,” ujar AKBP Josua.

Kemudian bersama personel, AKBP Josua melakukan test drive menyisir danau.

Menurut AKBP Josua, Kapal Cepat Rigid Hard Tube Inflatable (RHIT) yang diterima dari Baharkam Polri senilai 9 Milyar ini untuk meningkatkan pelayanan masyarakat, serta mendukung Samosir Sebagai Destinasi Wisata Super Prioritas Nasional atau Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN) Danau Toba.

“Para pimpinan Polri yang berkunjung ke Samosir benar-benar melihat danĀ  memperhatikan kami disini atas kebutuhan Prasarana dalam mendukung melayani masyarakat khususnya dalam hal responsibilitas, karena Kabupaten samosir khususnya, daerahnya dikelilingi oleh perairan danau Toba yang teritorial wilayahnya masih membutuhkan prasarana kendaraan perairan,”ucap AKBP Josua.

Dalam kegiatan penuruan Kapal Cepat ke perairairan danau toba selain dihadiri Kapolres Samosir, turut hadir juga Ketua Bhayangkari Cabang Samosir Nyonya Yuli Josua Tampubolon, Kabag Ops Polres Samosir Kompol Lengkap Siregar SH, Kasat Lantas Polres Samosir AKP Yuswanto SH, Kapolsek Simanindo IPTU Nandi Butar-butar SH.

Perwakilan Tokoh Agama Pendeta Gereja GSJA Tomok, Pdt eva Zebua, Personil Polsek Simanindo, Personil Polres Samosir, Personil Sat Pol Air Polres Samosir dan Personil Pol Air Polres Simalungun.

Sebelumnya, kapal cepat itu didahuli dengan pengecekan perlengkapan Kapal Karet Kaku/RHTI (Rigid Hard Tube Inflatable), tertuang dalam Berita Acara Kapal Kaku Cepat yang bernilai hampir 9 Milyar tersebut.

Kapal ini dipergunakan untuk pelayanan masyarakat, terlabih Kabupaten samosir telah menjadi super destinasi pariwisata prioritas Nasional.

Lalu dilakukan serangkain Doa bersama yang bawakan oleh Pendeta Gereja GSJA Tomok, Pdt eva Zebua sebagai bentuk syukur karena baru sana Polres Samosir menerima prasarana yang diperuntukan kepentingan dalam melayani masyarakat Kabupaten Samosir khususnya.

Penurunan ke perairan danau toba Kapal Karet Kaku/RHTI (Rigid Hard Tube Inflatable) dari truck Ekspedisi jenis truk roda enam (6) dengan nopol B 9021 TGA di Dermaga Pelabuhan Tomok Perairan Danau Toba Tomok oleh bersama dengan Personil Polres Samosir.

Test Drive (Uji Coba ) Kapal Karet Kaku/RHTI (Rigid Hard Tube Inflatable) dengan route dari Pelabuhan Tao Toba Tomok Menuju Pelabuhan Ambarita yang di kemudikan oleh Personil Pol Air Brigadir Lumban Raja didampingi AKBP Josua Tampubolon SH MH, dan Ketua Bhayangkari Cabanag Samosir Ny Yuli Josua Tampubolon serta Pejabat Utama Polres Samosir.

Kapal Karet Kaku/RHTI (Rigid Hard Tube Inflatable) diserah-terimakan dari Baharkam Polri Kepolisian Perairan dan Udara kepada Polres Samosir sesuai dengan Surat Berita Acara Serah Terima Nomor : BAST / 60 / X / LOG.8.1./2022/Korpolairud tanggal 19 Oktober 2022.

Kapal cepa ini juga termasuk mendukung event internasional yang akan digelar pada waktu mendatang di Danau Toba khususnya di wilayah Perairan Polres Samosir.

“Apalagi dalam beberapa waktu mendatang, akan adanya event event internasional diperairan danau Toba, Polres Samosir siap mendukung dan mesukseskan agenda nasional maupun internasional serta program destinasi wisata super prioritas nasional tegasnya.

“Sekali lagi saya ucapkan terima kasih kepada Kabaharkam Polri, Bapak Komisaris Jenderal Polisi Drs. Arief Sulistyanto, M.Si. dan segenap pimpinan yang telah memperhatikan Polres Samosir, pungkasnya.

Kapal Karet Kaku/RHTI (Rigid Hard Tube Inflatable) ini stand by di Pelabuhan Ambarita Kecamatan Simanindo Kabupaten Samosir, dikarenakan mobilisasi pelayaran lalu lintas Kapal lebih banyak di sana.

(Val-21/Pel/Ns)

 803 Pembaca,  9 Hari ini

Tinggalkan Komentar

IKLAN

IKLAN

IKLAN

Close Ads X