MTsN 1 Tuban Gelar Istighosah Menjelang Ujian Madrasah

Pelopor.Net - 26 Maret 2022 - 11:50 WIB
MTsN 1 Tuban Gelar Istighosah Menjelang Ujian Madrasah
 (Pelopor.Net)
|
Editor

PELOPOR.net – Tuban – Menjelang pelaksanaan Ujian Madrasah (UM), MTsN 1 Tuban menggelar istighosah dan do’a bersama, Jum’at (25/03/2022) Dengan istighosah diharapkan peserta didik MTsN 1 Tuban suskes dalam ujian tersebut.
Sebanyak 271 siswa/i kelas 9 beserta dewan guru hadir pada kegiatan yang berlangsung dengan hikmad ini.

Kepala MTsN 1 Tuban, Ali Maghfur, menyampaikan harapannya agar pelaksanaan Ujian Madrasah (UM) Tahun Pelajaran 2021-2022 berjalan dengan lancar dan peserta didik memperoleh hasil maksimal.

“Kalian jadilah anak-anak yang mendamaikan hati orang tua, yang membanggakan orang tua, berusaha yang terbaik untuk mendapatkan hasil yang optimal. Ikutilah ujian praktik dan teori dengan baik karena keduanya turut menentukan pada nilai akhir kelulusan,” papar Ali Maghfur dalam sambutannya.

Pada kesempatan ini, Wakil Kepala Madrasah bidang kurikulum, Zaenul Wahid menyampaikan sosialisasi pelaksanaan Ujian Madrasah (UM) Tahun Pelajaran 2021-2022. Rangakaian ujian kelas 9 akan dimulai dengan simulasi ujian madrasah yang akan dilaksanakan pada Sabtu (26/03/2022).

“Semua usaha dalam bimbingan belajar telah dilakukan oleh bapak ibu guru, maka pada hari ini tujuan dilaksanakannya istighosah adalah taqorub ilallah, mendekatkan diri pada Allah, memohon pertolongan Allah. Semoga semuanya mendapatkan kelancaran dalam melaksanakan Ujian Madrasah,” jelas Zaenul, panggilan Waka kurikulum dari lamongan ini.

Rangkaian acara dilanjutkan dengan Sholat dhuha berjamaah dan pembacaan zikir serta do’a istighosah yang dipimpin oleh KH. Mualim. Sebelum istighosah dimulai, KH Mualim memberikan pengantar kepada peserta didik MTsN 1 Tuban.

“Agar diberikan kekuatan memperoleh ilmu yang manfaat, barokah dunia akhirat, menggunakan waktu yang sebaik-baiknya untuk belajar, hormatilah orang tua dan bapak ibu guru, karena ridhanya akan memayungi setapak demi setapak kalian mengarungi jenjang kehidupan hingga sukses. Yang terakhir berbuat baiklah kepada sesama teman,” pesan Kyai asal Montong ini.

“Alhamdulillah hati jadi lebih tenang,” ungkap Abimanyu Herbimantoro, salah satu siswa saat dimintai keterangannya setelah mengikuti istighosah. Senada dengan temannya, Haidar Ali, merasa lebih siap menghadapi Ujian Madrasah.

“Sebelumnya saya kepikiran terus tentang ujian”, kata Haidar.

Pengaruh positif dari kegiatan ini telah dirasakan, nampak dari seluruh peserta didik mengikuti rangakaian acara dengan seksama hingga akhir. Setelah doa bersama peserta didik mengadakan tasyakuran di kelas masing-masing, menutup rangkaian acara istighosah. (Unma/Susi)

(Feli)

 240 Pembaca,  3 Hari ini

Tinggalkan Komentar

Close Ads X