Pama Polresta Palangka Raya Lakukan Latihan Pedang Perwira

Pelopor.Net - 29 Juli 2021 - 11:59 WIB
Pama Polresta Palangka Raya Lakukan Latihan Pedang Perwira
 ()
|
Editor

Palangka Raya, Pelopor.net – Para Perwira tingkat Pertama (Pama) Polresta Palangka Raya melakukan latihan Pedang Perwira di markas komandonya, Jalan Tjilik Riwut Km 3,5, Kota Palangka Raya, Kalimantan Tengah.

Latihan tersebut dipimpin oleh Kasat Resnarkoba, Kompol Asep Deni Kusmaya, S.H. dan Kasat Samapta, AKP Gatoot Sisworo, S.Sos. dengan didampingi para perwira dan bintara pelatih lainnya, Kamis (29/7/2021) sore.

Kasat Samapta mengungkapkan, latihan tersebut dilakukan guna menjaga dan meningkatkan keterampilan para Pama Polresta Palangka Raya dalam hal kemampuan penggunaan Pedang Perwira.

“Keterampilan menggunaan Pedang Perwira sangat diperlukan seorang Perwira Polri saat mengemban tugas sebagai komandan upacara ataupun kegiatan instansi Polri yang menggunakan pedang,” tuturnya.

Materi yang latihkan pun berupa gerakan-gerakan dalam penggunaan Pedang Perwira yang sesuai dengan Peraturan Dasar Polisi (Perdaspol), yang dilakukan secara berlahan (drill) menggunakan hitungan.

“Materi yang dilatih seperti gerakan Pedang Pora, gerakan-gerakan dasar yakni hunus pedang, sarungkan pedang serta gerakan penghormatan,” tutur Gatoot saat menyampaikan materi latihan.

Latihan pun dilakukan oleh para Pama dengan serius dan bersungguh-sungguh, mengingat pengguanaan Pedang Perwira dalam instansi Polri merupakan hal yang sakral dan formal. (45R)

 165 Pembaca,  6 Hari ini

Tinggalkan Komentar

Close Ads X