Pamglima TNI Jenderal TNI Andika Perkasa Distribusikan 388 Unit Kenderaan Dinas : Personel Untuk Kenderaan Double Cabin Harus Dilatih Dulu

Pelopor.Net - 17 Desember 2022 - 21:07 WIB
Pamglima TNI Jenderal TNI Andika Perkasa Distribusikan 388 Unit Kenderaan Dinas : Personel Untuk Kenderaan Double Cabin Harus Dilatih Dulu
 (Pelopor.Net)
|
Editor redaksi

PELOPOR.net – Jakarta – Panglima TNI Jenderal TNI Andika Perkasa memeriksa kendaraan dinas roda empat yang siap untuk didistribusikan sebanyak 388 unit kepada komandan kesatuan secara simbolis yang bertempat di Lapangan Parkir Gor A. Yani Mabes TNI Cilangkap Jaktim, Jumat (16/12/2022).

Jenderal TNI Andika dalam sambutannya, menyampaikan bahwa pengadaan kendaraan bermotor khususnya untuk operasi ini adalah sesuatu yang membanggakan, karena begitu lama mereka tidak mendapatkan perhatian.

“54 mobil 4×4 itu cukup banyak tapi sebetulnya masih kurang banyak karena itu hitungan di daerah tugas operasi, kalau 4×4 seperti ini ada space tambahan penumpang dan ada baknya, bisa dipakai untuk mengambil makanan, evakuasi dan lain-lain”, tutur Jenderal Andika.

Sedangkan kendaraan roda dua sebanyak 282 unit siap untuk didistribusikan ke seluruh pos penjaga perbatasan karena masih banyak pos yang belum sama sekali memiliki kendaraan untuk tugas operasional. Semua pos akan diberikan sepeda motor, antara lain untuk pos operasi di Papua, Maluku, NTT, Kalimantan Barat dan Kalimantan Utara.

Panglima TNI berpesan agar personel yang akan mengoperasikan kendaraan- kendaraan itu khususnya kendaraan roda empat double cabin 4X4 untuk dilatih dulu agar kendaran bisa bertahan lebih lama.

“Saya titip trainingnya saja, karena kalau mobil 4×4 kan tidak bisa dipajang terus disitu, begitu jalan yang memerlukan 4×4 switch, tapi kalau tidak jalan ya kembali lagi ke posisi normal. Kalau yang sudah pernah operasikan mobil ini pasti tahu tapi kalau yang baru-baru kalau tidak diingatkan bisa hancur gardannya”, terang Jenderal TNI Andika.

Di akhir sambutannya, Jenderal TNI Andika juga berpesan kepada Kodam atau Korem yang menerima kenderaan agar dirawat dan jangan dibijaksanai lagi peruntukannya karena kita sudah menghitung mana yang pantas diberikan mobil karena kalau motor kan hampir semua dapat.

“Jangan sampai nanti misalnya, wah mobil dan motor di Kodim, Korem udah jelek nih tukar dulu lah, yang dikasih pos yang jelek, jangan seperti itu”, pungkas Jenderal TNI Andika Perkasa.

Sebanyak 282 unit sepeda motor roda 2 Kawasaki KLX 150 cc didistribusikan kepada Satgas Pamtas RI-PNG Kodam XVII/Cendrawasih 82 unit, Satgas Maluku Wilayah Kodam XVI/Patimura 71 unit, Satgas Pamtas RI-Malaysia wilayah Kodam XII/Tanjungpura 55 unit, Satgas Pamtas RI-RDTL wilayah Kodam IX/ Udayana 43 unit, Satgas Pamtas RI-Malaysia wilayah Kodam VI/ Mulawarman 31 unit. Dengan demikian setiap Pos Penjaga perbatasan mendapat satu kendaraan roda dua .

Sementara itu kendaraan roda empat Mitsubishi Strada Triton Double Cabin 4×4 sebanyak 54 unit didistribusikan untuk mendukung operasi satgas di Papua dan Papua Barat dengan rincian sebagai berikut : Satgas Papua Barat wilayah Kodam XVIII/Kasuari 5 unit, dan Wilayah Kodam XVII/Cendrawasih 49 unit.

Disamping itu juga didistribusikan kendaraan roda 4 untuk unit organisasi di lingkungan Mabes TNI. Adapun kendaraan dinas untuk lingkungan Mabes TNI adalahToyota Corolla Altis 5 unit, Toyota Camry 3 unit, Toyota Vios 7 unit, Toyota Fortuner 6 unit, Mitshubishi Expander 2 unit, Toyota Hiace Premio 1 unit, Toyota Hiace Premio dan Comutter 16 unit,Toyota Crown 1 unit, Mercy GLS 450 Matic 1 unit dan Kendaraan Golf 10 unit.

Teuku imran/Red

Sumber : Puspen TNI

 516 Pembaca,  3 Hari ini

Tinggalkan Komentar

IKLAN

IKLAN

IKLAN

Close Ads X